Entri Populer

hubungan karakter dan pekerjaan

Written By iqbal_editing on Rabu, 30 November 2016 | 06.53

Perlu dilakukan sebuah tes untuk mengukur kecocokan dengan minat, kepribadian, dan kemampuan. Teori yang biasa digunakan adalah milik John Holland karena sangat tepat untuk menghubungkan tipe kepribadian dan pilihan karir. Berdasarkan teori John Holland, manusia dibedakan dalam 6 tipe kepribadian yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Enterprising dan Conventional.

Realistic (Doers)

Menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan alat, mesin, benda, binatang, dan tanaman. Memiliki kemampuan mekanik dan atletik, namun kurang bersosialisasi, sering bekerja sendiri, dan kurang adaptatif. seseorang dengan kemampuan dan minat ini akan menikmati bidang bangunan dan pondasi.
Menyukai pekerjaan yang berhubungan langsung dengan sebuah benda, seperti mekanik, pilot, petani, peternak, desainer, operator, bangunan. Mereka menikmati dalam memperbaiki alat, membangun atau membuat benda.
Kemampuan Penunjang : Komputer (software & Hardware), Matematika, Menyukai Praktek daripada Teori
Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah
Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Pertanian, Perikanan, Automotif, Farmasi,

Investigative (Thinkers)

Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan analisa, observasi, evaluasi, dan pemecahan masalah. Berpikir secara teoritis dan konseptual.


Menyukai penelitian dan pengembangan, investigasi dan eksperimen. Mereka selalu mencari sebuah solusi dari masalah yang ada kemudian sangat berminat untuk memecahkannya.
Kemampuan Penunjang : Matematika, analitycal thinking, Software Komputer
Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah
Kimia, Fisika, Gizi, Biologi, Desain Periklanan, Perangkat Lunak, Kriminologi

Artistic (Creators)

Selalu memiliki ide inovasi dengan daya intuitifnya. Menyukai situasi yang tidak terstruktur, menggunakan imajinasi untuk berekspresi. Ia adalah seorang yang sensitif.

Kepribadian yang sangat menyukai untuk berkarya. Ia memiliki rasa seni tinggi baik dari indera penglihatan (visual), pendengaran (audio), dan perasaan. Bidang artistic sangat berhubungan dengan seni dan sastra seperti illustrator, fotografer, composer, penyanyi, pelukis, pemain alat music, penari, desainer grafis, desainer busana, penulis naskah produksi seni (film dan iklan), penulis fiksi,
Kemampuan Penunjang : Komputer software, Bakat Seni, Suka Berkarya, Bisa Menggambar dengan sangat baik (bidang visual art)
Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah
Seni Rupa, Seni Tari, Desain Komunikasi Visual, Desain interior, Arsitektur, Seni Tari, Seni Musik, Bahasa

Social (Helpers)

Kelompok ini menyukai hal yang berhubungan dengan orang banyak. sangat menikmati pekerjaan melatih, memberi arahan, memberi informasi. Ia memiliki komunikasi yang sangat baik, simpati, dan ramah
Berinteraksi dengan orang banyak sekalipun orang asing tampak menjadi hal yang menyenangkan pada kepribadian ini. Ia memiliki kemampuan kecakapan yang sangat baik. Saat berbicara ia mudah dimengerti, ramah, dan menyenangkan. Kepribadian yag sabar, ramah, dan simpati membuat ia cocok menjadi konselor psikologi, pengajar, Penasihat,
Kemampuan Penunjang : Bahasa, Psikologi, Pendidikan, Leadership, Wawasan Luas, Suka Membaca, Suka Bergaul, Betah mendengarkan Curhat dan pandai memberi solusi
Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah
Psikologi, Bimbingan Konseling, Komunikasi, Sosiologi, Sekretaris,

Enterprising (Persuaders)

Kategori orang yang mempengaruhi, energic, ambisius, berjiwa pemimpin, komunikasi tegas dan mudah dimengerti.
Suka mempengaruhi dengan memberi dukungan positif. Dikenal sebagai orang yang hebat saat berbicara dalam sebuah kelompok. Kepribadian tegas didukung dengan cara berbicara yang semangat, efektif, dan terstruktur menjadikan ia tepat sebagai pemimpin.
Kemampuan Penunjang : Software Komputer, Negosiator, Ekspresif, Bahasa
Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah
Manajemen, Bisnis, Komunikasi, Hubungan Internasional, Marketing Komunikasi

Conventional (Organizers)

Sangat menyukai bekerja dengan data secara detail. Dapat diandalakan dalam bidang administrasi, pekerjaan yang berhubungan dengan angka.

Detail, terorganisasi, dan menginginkan akurasi tujuan yang tinggi itulah ciri kepribadian ini. Ia selalu mengikuti prosedur pekerjaan dengan teliti. Biasanya menyukai pekerjaan di dalam ruangan yang berhubungan dengan Data atau Angka.
Kemampuan Penunjang : Komputer Software, Matematika, Ekonomi, Manajemen,
Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah
Akuntansi, Statistik, Ekonomi, Adminstrasi, Programmer (IT),

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik