Entri Populer

olahraga untuk anak autis

Written By iqbal_editing on Senin, 12 Desember 2016 | 05.32

Berolahraga memang hal yang sangat penting karena bisa membuat tubuh kita selalu sehat, segar dan berenergi. Olahraga memang sangat dibutuhkan oleh semua manusia tidak perduli dia pria, wanita, remaja, orang tua, termasuk mereka yang juga sedang menderita Autis. Apa itu Autis? Autis ini biasanya menyerang anak-anak sejak usianya masih muda ( sekitar 3 tahun ) dan salah satu gejalanya adalah dia sulit untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara normal pada dunia luar. Nah lalu bagaimanakah bentuk Olahraga untuk Anak Autis ini?

Jenis Olahraga Untuk Anak Autis Aktif

Ada beberapa tipe olahraga untuk anak Autis yang bisa Anda lakukan sesuai dengan sifat dasarnya. Jika Anda memiliki anak Autis dengan sifat hiperaktif, maka Anda harus memberikan porsi olahraga yang aktif dan juga menguras energi. Ini dikarenakan anak hiperaktif memiliki energi yang sangat berlebih dan mereka selalu ingin bergerak aktif dan juga diperhatikan. Jika sifat hiperaktif anak Anda ini tidak diarahkan dengan baik, maka bukan saja akan mengganggu dirinya namun juga orang-orang yang ada disekitarnya.
Ajaklah anak Anda yang hiperaktif untuk melakukan olahraga seperti sepak bola dan basket agar dia bisa menyalurkan energinya dengan baik. Sepak bola bisa menguras  energi anak Anda untuk selalu berlari dan menendang bola, selain itu sepak bola juga bisa melatih kaki anak Anda agar lebih luwes dan juga kuat. Olahraga basket membuat anak Anda selalu berusaha untuk melempar dan memasukkan bola ke dalam ring. Basket ini bisa melatih kekuatan tangan anak Anda serta kecerdasan dalam mengukur bola agar masuk ke dalam ring.
Selain kedua olahraga diatas, Anda juga bisa mengajaknya untuk melakukan hal yang menyenangkan seperti loncat-loncat menggunakan trampolin. Ya, Olahraga untuk Anak Autis yang satu ini bisa meluapkan semua emosinya dan tentunya menguras energinya dengan melompat-lompat. Para ahli bahkan mengatakan, jika Anda mengajarkan cara yang benar pada anak Anda untuk melompat pada trampolin maka ini juga akan memacu pertumbuhan tinggi badannya.

Jenis Olahraga Untuk Anak Autis Pasif

Tapi jika Anda memiliki anak Autis yang masih tergolong pasif atau lebih banyak diam, maka Anda bisa mengajaknya untuk ber olah raga sambil mengajarkannya ber sosialisasi. Salah satu olahraga yang paling efektif untuk tipe ini adalah berenang. Pada umumnya setiap anak pasti sangat menyukai berenang karena olahraga yang satu ini sangat sejuk dan juga menyenangkan. Dengan berenang, anak yang menderita Autis dapat dikenalkan pada dunia baru yang lebih berwarna bagi dirinya. Ya, berenang ini akan membuat anak untuk terbiasa menghadapi matahari dan mendengar suara-suara tawa anak lainnya di kolam renang yang tentunya ini akan memberikan energi positif pada otaknya untuk memahami dan belajar ber sosialisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik