Entri Populer

tops puasa bagi penderita maag

Written By iqbal_editing on Jumat, 02 Desember 2016 | 08.12

Ragu untuk berpuasa karena takut penyakit maag atau asam lambung menjadi kambuh? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghindari kambuhnya penyakit tersebut agar kamu bisa tetap melakukan ibadah puasa dengan nyaman dan lancar. Ingin tahu apa saja? Inilah beberapa tips berpuasa bagi penderita maag dan asam lambung.
Wajib Makan Sahur
Sahur merupakan aktivitas yang tak boleh terlewatkan bagi penderita maag atau asam lambung. Selain untuk memberi cadangan energi dan asupan nutrisi selama seharian penuh, sahur juga penting agar lambung tidak kosong. Jika lambung kosong dalam jangka waktu yang cukup lama, asam lambung pun mengalami peningkatan, sehingga penyakit maag akan lebih mudah kambuh. Jadi, jangan malas untuk melakukan sahur ya, Sahabat Holisticare!
Jangan Tidur Setelah Sahur
Tahukah kamu bahwa berbaring setelah makan bisa menyebabkan asam lambung naik? Setelah makan, lambung terisi penuh sehingga asam lambung jadi lebih mudah naik. Posisi berbaring pun akan menyebabkan terbukanya katup lambung yang memicu asam lambung berbalik arah ke kerongkongan.
Hindari Makanan Pemicu Gas Lambung
Hindari makanan atau minuman yang bisa memicu produksi gas dalam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, kol, dan sawi. Usahakan juga untuk menghindari makanan yang berpotensi merusak dinding lambung, seperti makanan yang terlalu pedas atau asam.
Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka
Jika waktu buka puasa sudah tiba, sebaiknya segerakan untuk berbuka, namun jangan langsung makan dengan porsi berlebihan. Buka puasa dengan langsung menyantap makanan yang berat dengan porsi besar, apalagi ditambah lauk berbumbu tajam, dapat memicu asam lambung naik secara tiba-tiba. Oleh karena itu, cobalah makan dengan bertahap, dimulai dengan minum air atau teh hangat, lalu dilanjutkan dengan kurma atau buah-buahan sebelum menyantap nasi dan lauk pauknya dengan porsi yang tidak berlebihan.
Dengan melakukan tips-tips tersebut, kamu pun tak perlu khawatir akan kambuhnya penyakit maag atau asam lambung saat berpuasa. Jangan lupa untuk penuhi asupan air dan serat yang cukup selama sahur dan berbuka agar pencernaan tetap sehat. Jangan lupa selalu konsumsi Holisticare Ester C saat sahur atau berbuka agar daya tahan tubuh selama berpuasa tetap terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik