Entri Populer

manfaat kandungan gizi susu soya

Written By iqbal_editing on Minggu, 22 Januari 2017 | 07.04


Kandungan Gizi dan Manfaat Susu Kedelai


Susu kedelai sangat populer di kalangan masyarakat sebagai pilihan baru sebagai alternatif pengganti susu sapi. Susu kedelai mudah tersedia dan relatif murah harganya. Namun untuk kelas menengah, mereka biasanya membeli susu kedelai di supermarket dalam bentuk susu bubuk/susu formula soya untuk bayi. Susu kedelai memiliki nilai lebih baik dari susu sapi dan susu formula bayi. Susu kedelai tidak memiliki kandungan laktosa (lemak hewan) sehingga tidak menimbulkan alergi / diare pada bayi yang tidak cocok dengan susu sapi yang mengandung laktosa.
Berikut saya sharing di sini manfaat kandungan gizi susu kedelai:
Protein
Protein yang terkandung dalam susu kedelai tersusun dari asam amino berupa lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, trionin, triptofan, fenillalanin. Berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, menjaga pertumbuhan tubuh.

Karbohidrat, Lemak
Sebagai sumber energi dalam tubuh, sebagai lemak baik dalam tubuh.
Serat
Sangat baik untuk memperlancar pencernaan dan pembuangan makanan.
Vitamin A
Vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, membantu proses reproduksi, mendukung sistem saraf tubuh.
Vitamin B1 dan B2
Berfungsi untuk memancing reaksi dan proses yang diperlukan oleh tubuh kita.
Vitamin E
Mencegah kanker kulit, mencegah keriput kulit, membantu proses menstruasi, mencegah impotensi, mengobati kardiovaskular (penyakit jantung), dan antioksidan.
Mineral
Selain kekuatan struktur tulang gigi, kuku, serta sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Polisakarida
Berfungsi sebagai kontrol untuk tingkat kelebihan gula dalam darah.
Isoflavon
Sebagai zat ajaib susu kedelai, guna menyehatkan tubuh Anda dan pantang terkena berbagai penyakit.
Kolesterol baik (HDL)
Ada kolesterol jahat yang menuai pengapuran pembuluh darah. HDL atau kolesterol baik dalam susu kedelai dapat mencegah pengapuran dengan memerangi kolesterol jahat.
Kalsium
Berfungsi sebagai konten membentuk tulang baru, memperkuat tulang, mengatur fungsi otot, normaling tekanan darah, mengontrol asam lemak dalam usus.
Riboflavin
Bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, antibodi, pernafasan sel.
Diantara manfaat dari susu kedelai yang disebutkan di atas, ada manfaat khusus yang dapat diperoleh jika mengkonsumsi susu kedelai ketika dalam tubuh fisik yang sehat. Kandungan gizi dalam setiap 100gr susu kedelai mengandung 4,5 g protein, 1,8 gram lemak, 1,5 g karbohidrat, 4,5 g fosfor, besi 2,5 g, 2,5 g kalsium, vitamin, dan riboflavin.
Manfaat lain dari susu kedelai untuk pencegahan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:
1. Mencegah diabetes
Susu kedelai mengandung sejumlah besar selulosa yang dapat mencegah penyerapan gula berlebih. Mengurangi kadar gula dapat mencegah diabetes. Kedelai asupan susu penting bagi penderita diabetes.
2. Mencegah tekanan darah tinggi
Susu kedelai mengandung steroid, kalium, magnesium, yang adalah alat yang kuat untuk memerangi zat natrium, salah satu penyebab utama hipertensi.

3. Mencegah serangan jantung koroner
Steroid, kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat dan meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, menurunkan kolesterol dan meningkatkan aliran darah untuk mencegah kejang. Minum satu gelas susu kedelai setiap hari dapat mengurangi hingga 50% kambuh kembali penyakit jantung.
4. Mencegah stroke
Magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah ke otak sehingga efektif mencegah terjadinya infark dan pendarahan otak. Lesitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak dan memperbaiki fungsi otak.

5. Mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol.
Isoflavon ditemukan dalam kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.
Protein, selenium dan molibdenum dalam susu kedelai menekan tumor ganas. Sangat efektif, terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara. Menurut survei, kemungkinan berkembangnya kanker bagi orang yang tidak minum susu kedelai akan meningkat 50% dibandingkan dengan mereka yang secara teratur mengkonsumsi susu kedelai.

6. Mencegah bronkitis
Asam dalam susu kedelai dapat mencegah kejang otot, sehingga untuk mengurangi dan mencegah timbulnya bronkitis.

7. Mencegah penuaan
Selenium, vitamin E dan vitamin C adalah antioksidan yang benar-benar dapat meremajakan sel-sel kita, terutama sel otak.
8. Mencegah demensia, sembelit, dan obesitas atau kegemukan.
Lecithin yang ditemukan dalam susu kedelai membantu meningkatkan memori dan mencegah penyakit Alzheimer (pikun).

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik