Entri Populer

konsultasi gizi

Written By iqbal_editing on Senin, 09 Januari 2017 | 08.05

Apa itu Konsultasi Gizi?

Konsultasi gizi adalah pertemuan dengan ahli gizi atau ahli diet dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, dan kebugaran seseorang secara keseluruhan.
Nutrisi adalah cabang ilmu yang berhubungan dengan makanan dan nutrisi yang diperoleh dari makanan tersebut. Sel-sel tubuh bertahan hidup bukan hanya karena oksigen tetapi juga karena berbagai mineral, vitamin, dan enzim dari makanan yang dikonsumsi seseorang. Namun, makanan juga dapat menjadi sumber dari banyak masalah metabolik karena mereka dapat mengandung zat aditif, pengawet, dan bahan-bahan lain yang mungkin beracun atau tidak sehat untuk sel.
Tujuan utama konsultasi gizi adalah untuk memastikan bahwa Anda dapat memanfaatkan semua nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Orang dengan penyakit kronis atau serius juga dapat memperoleh manfaat dari kegiatan ini, yaitu sebagai terapi komplementer.
Seperti disebutkan sebelumnya, konsultasi dapat diberikan baik oleh ahli gizi atau ahli diet. Keduanya dapat memberikan nasihat tentang gizi, tetapi hanya ahli diet berlisensi atau bersertifikasi yang bisa melakukan praktik konsutasi karena mereka diwajibkan untuk menyelesaikan setidaknya empat tahun masa pendidikan pelatihan sebelum mereka melakukan praktik. Persyaratan ahli diet dapat bervariasi antara satu negara dengan lainnya. Anda bisa mencari ahli gizi di daerah Anda melalui Akademi Gizi Diet.

Siapa yang Perlu Menjalani Konsultasi Gizi dan Hasil yang diharapkan

  • Orang yang ingin mencapai kesehatan yang optimal - Anda tidak perlu sakit sebelum Anda mulai menemui ahli gizi atau ahli diet. Bahkan, untuk mencapai kesehatan yang optimal, adalah baik untuk menemui ahli gizi atau ahli diet saat Anda masih merasa baik untuk menangkis penyakit terutama jenis penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker. Ahli gizi atau ahli diet dapat membantu Anda merencanakan makanan Anda, memilih jenis makanan yang terbaik berdasarkan metabolisme atau profil riwayat medis Anda, dan memonitor kemajuan Anda.
  • Orang yang sudah kelebihan berat badan atau obesitas - Memiliki berat badan lebih dari berat badan ideal Anda adalah masalah baik dari segi estetika maupun kesehatan. Obesitas dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, ketidakseimbangan hormon, diabetes, dan bahkan beberapa jenis kanker. Ahli gizi dan ahli diet membantu menurunkan berat badan secara aman dengan memperkenalkan diet yang berkelanjutan dan memonitor kemajuan Anda.
  • Orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit tertentu - Beberapa orang memiliki kecenderungan diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular karena orang tua mereka telah didiagnosa dengan masalah yang sama. Risiko pengembangan kondisi medis yang sama dapat dikurangi melalui konsultasi gizi yang cepat dan teratur.
  • Orang dengan berbagai kondisi medis – Sebagian besar kondisi kesehatan dapat ditingkatkan dengan nutrisi yang tepat. Nutrisi itu saja mungkin tidak cukup, dan mungkin tidak menyembuhkan penyakit. Namun, mungkin bermanfaat dalam mengurangi gejala, menunda perkembangan penyakit, atau meningkatkan respon pasien terhadap pengobatan.
  • Anak-anak dan orang dengan alergi - Menurut Food Allergy Research & Foundation (Yayasan dan Penelitian Alergi Makanan), sedikitnya 15 juta orang Amerika memiliki alergi makanan. Gejala dapat ringan, dan dapat mematikan karena syok anafilaksis. Oleh karena itu akan sangat membantu jika seseorang menghindari makanan yang merupakan alergi bagi mereka.
Seseorang yang telah menjalani konsultasi gizi dapat mengharapkan:
  • Kesehatan fisik dan menta yang lebih baik
  • Meningkatnya mood
  • Mengalami gejala yang sedikit atau rasa sakit yang tidak berlangsung lama
  • Mobilitas yang lebih tinggi
  • Sikap yang lebih positif terhadap kesehatan dan kondisi medis

Cara Kerja Konsultasi Gizi?

Konseling gizi dapat dilakukan dengan banyak cara. Dua cara diantaranya adalah konsultasi online (daring) dan tatap muka.
Bila melalui konsultasi online (daring), Anda perlu melakukan perjanjian berkonsultasi secara pribadi, yang mana dapat dilakukan melalui instant messenger atau aplikasi seperti Skype. Beberapa ahli gizi mengoperasikan laboratorium sendiri, dan Anda mungkin diminta untuk mengirimkan kepada mereka spesimen Anda, seperti sampel darah Anda, dan dokumen medis untuk dianalisis. Kemudian, ahli gizi Anda akan menilai kondisi kesehatan Anda saat ini.
Berdasarkan konsultasi online, ahli gizi akan memberikan rekomendasi, kursus, atau rencana jenis lain yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan keadaan tertentu.
Bila melalui konsultasi tatap muka, Anda secara pribadi mendatangi ahli gizi atau ahli diet, yang mungkin bekerja di praktik swasta, klinik masyarakat, rumah sakit, dan bantuan fasilitas hidup. Mereka akan mensyaratkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, mempertanyakan tentang keluarga dan riwayat medis, dan melakukan wawancara mendalam untuk memberikan saran yang lebih baik atas masalah dan kebutuhan Anda sebelum merumuskan rencana gizi individual.
Anda mungkin perlu menemui ahli gizi dan ahli diet berkali-kali dalam hidup Anda, karena kebutuhan gizi dapat berbeda ketika Anda bertambah tua atau ketika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang sudah ada sebelumnya.
Meskipun Anda dapat menemui seorang ahli gizi atau ahli diet pada waktu tertentu, mereka dapat direkomendasikan oleh dokter Anda. Dokter keluarga utama Anda juga dapat memberikan konsultasi gizi, meskipun mungkin tidak komprehensif sebagai orang-orang dengan pelatihan yang memadai, pengalaman, dan keahlian di lapangan.

Kemungkinan Komplikasi dan Resiko Konsultasi Gizi

Pertama, Anda harus ingat bahwa menemui ahli gizi atau ahli diet tidak menjamin bahwa kondisi kesehatan Anda akan lebih baik atau Anda akan sembuh. Dalam beberapa kasus, terlepas dari betapa besarnya rencana gizi Anda, penyakit ini mungkin sudah begitu parah sehingga tidak bisa lagi disembuhkan. Namun, konsultasi gizi dapat digunakan sebagai terapi komplementer, yang memungkinkan bentuk pengobatan lainnya menjadi lebih efektif.
Selanjutnya, efek dari gizi yang baik tidak dapat segera dilihat. Bahkan, beberapa orang mungkin merasa lebih buruk sebelum mereka mulai merasa lebih baik.
Hal yang sama pentingnya yaitu untuk berhati-hati ke mana Anda mendapatkan konsultasi gizi Anda. Anda bisa menemui ahli gizi atau ahli diet, tetapi jika Anda memilih yang terakhir, pastikan bahwa Anda memeriksa referensinya. Pastikan bahwa dokter memiliki pelatihan yang diperlukan untuk memberikan konseling gizi dari program terkemuka dan diakui.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik