Entri Populer

lensa penutup mata buatan bagian 2

Written By iqbal_editing on Selasa, 21 Februari 2017 | 16.56

Spesifikasi
  • Bahan
    • dari kaca, dibuat hanya di Jerman atau di Switzerland.
    • lensa kaca Lensa berbahan kaca,
      dibuat oleh okularis Matthias Buckel di Geneva,
      sebagai hadiah untuk APM Sby
      www.oculariste.ch
    • dari Poly Methyl Meta Acrylate (PMMA) yang lebih dikenal dengan nama populer "akrilik".
  • Spesifikasi umum
    • keras.
    • kuat, lensa penutup tidak bisa pecah kecuali di sengaja.
    • berat 0.60 s/d 1.20 gram.
    • ketebalan 0.5 s/d 1 mm (lapisan yang membentuk mereka adalah dalam sepersepuluh milimeter).
    • diameter 1.5 s/d 3 cm. 
Pembuatan lensa dan harga
Lensa penutup memiliki banyak faktor yang menyebabkan produk ini berharga tinggi:
  • harus konsultasi terlebih dahulu, cetak bola mata dan membuat lensa uji coba sementara.
  • lensa dibuat satu per satu sesuai ukuran yang berbeda-beda, hal ini berlainan dengan lensa intraokular atau kontak lens yang diproduksi secara massal oleh pabrik.
  • memerlukan teknik yang rumit dan ahli, S2 yang berpengalaman.
  • dibuat di laboratorium dengan alat khusus.
  • terbuat dari bahan khusus medis.
  • memerlukan waktu pengerjaan yang lama dari 25 s/d 35 jam.
Di Indonesia, satu-satunya alasan kenapa harga lebih rendah daripada di Eropa adalah karena beban biaya yang masih rendah. Tetapi, semua bahan produk yang digunakan untuk pembuatan didatangkan secara eksklusif dari Eropa, Amerika Serikat dan kadang dari Jepang, sehingga biaya beban ditambahkan dengan ongkos pengiriman dan pajak.

Untuk informasi tentang harga, hubungi APM Sby. 

Layanan
Proses pembuatan lensa penutup lama dan kompleks, tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat; memerlukan waktu 3 hari kerja penuh di dalam laboratorium dengan tenaga ahli SpM okularis.

Untuk membuat lensa penutup ada 6 tahapan:
  1. registrasi, konsultasi, pencetakan bola mata. (1 jam)
    okularis membuat lensa bening (5 jam)
  2. uji coba lensa (30 mnt dengan okularis dan beberapa jam di ruang tunggu atau anda bisa jalan jalan).
  3. pengukuran bola mata bagian luar dan memperbaiki ukuran pertama (1 jam).
    okularis membuat lensa putih dengan selaput (4 jam)
  4. mencoba lensa putih (30 mnt)
    miniaturist mulai mengecat lensa sendiri tanpa pasien (2 jam)
  5. mengecat bersama dengan miniaturist untuk mendapatkan warna yang pas (2 jam).
    okularis membuat external lapisan luar dan menyelesaikan lensa (8 jam)
  6. okularis akan menyesuaikan lensa, dan mengajari bagaimana cara memasang lensa, melepas dll
    dan tinggal pengambilan protesa yang sudah sesuai bagi anda (2 jam).
"Untuk membuat mata palsu, tidak bisa terburu-buru, anda harus sabar".
Untuk anda ketahui, bulan mei 2010, di Paris, okularis APM Michel Silvano mengikuti 116 annual congres of Société Francaise d'Ophtalmologie (SFO, Asosiasi SpM Prancis) beliau berbicara dengan okularis sekaligus direktur Laboratorium Dencott, tentang jam kerja. Dia bilang : " Bapak Michel, semua okularis yang bekerja dengan baik tidak bisa membuat lebih dari 2 protesa seminggu!". http://www.dencott.com/ Laboratorium Dencott adalah laboratorium peminpin yang membuat protesa mata, lensa skleral estetis, lensa skleral optik dan lensa kontak terapeutik di Prancis.

Jika anda datang dari jauh, maka anda harus membuat janji terlebih dahulu supaya kami dapat menerima anda dan memberikan prioritas pada anda. 

Pemakaian
Lensa skleral seperti protesa mata biasa harus dipakai siang malam tanpa di lepas. Hal ini direkomendasikan oleh semua ahli, dokter mata dan ocularists di dunia.
Pemakaian siang malam tanpa dilepas dapat menghindari risiko infeksi atau trauma yang terkait dengan penanganan, bisa juga mengurangi atau mencegah mata yang buta menjadi lebih divergen.
Ada banyak orang yang tidak pernah melepasnya karena nyaman dipakai tanpa adanya keluhan.

Ada kasus medis tetapi jarang terjadi, lensa hanya di pakai waktu siang hari, dan pasien dapat melepas lensa penutup setiap malamnya sebelum tidur. 


Cara memasang dan melepas lensa
Semua pasien harus belajar dan tahu bagaimana cara memasang dan melepas lensa mereka sendiri atau dengan bantuan orang tua, di rumahnya dengan mudah.
Ini adalah tanggung jawab dan kewajiban okularis untuk mengajarkan kepada pasien dan keluarganya dalam hal cara memasang, melepas, dan mencuci lensa.
Sebelum memegang lensa, penting untuk mencuci tangan terlebih dulu dan membilas tangan supaya tidak ada sisa-sisa sabun, pelembab, pewangi atau anti bakterial yang berbahaya untuk mata.
Ada kata penting yang harus di ingat untuk memasang dan melepas protesa mata :
"Semua harus pelan-pelan, kalau pelan akan mudah, mudah sekali."
  • Memasang
  • Pasien duduk di depan cermin, santai, kepalanya tegak, pandangan melihat lurus. Sebelum dipasang lensa penutup harus dibasahi dengan air infus karena dalam kondisi basah,akan licin dan lebih mudah untuk dimasukkan.
    Tarik kelopak mata atas ke atas dan masukkan lensa di belakang kelopak mata atas, untuk itu lensa harus di dorong sedikt ke atas supaya dia naik ke dalam kelopak mata atas. Pelan pelan, lensa akan mengambil tempatnya sendiri, lalu tinggal menarik kelopak mata bawah supaya lensa terpasang dengan sempurna.
    memasang lensa penutup Cara memasang lensa korneo skleral Gambar ini dari laboratorium Villanova di Prancis: protheses-oculaires-epitheses-fabrication.laboratoirevillanova.com
  • Melepas
  • Pasien duduk di depan cermin, santai, kepalanya tegak, pandangan melihat lurus. Letakkan jari tengah anda di atas bibir kelopak mata bawah, di bawah selaput pelangi, tekan ke bawah dan ke arah luar, lensa akan keluar dan jatuh sendiri.
    melepas lensa penutup
    Kalau masih tidak bisa keluar juga, dengan jari tangan ke dua anda, tarik protesa ke atas dan ulangi perintah pertama.

    Lensa corneo skleral bisa juga di lepas menggunakan alat khusus, kop karet seperti gambar di bawah.
    kop karet penutup mata Miniature kop karet
  • Mencuci lensa dan bola mata
  • Lensa penutup tidak boleh terkena bahan kimia, seperti alkohol yang dapat merubah bagian eksternal dan internal susunan, perhatikan juga pasta poles yang berbahaya untuk jaringan.
    Lensa korneo skleral bisa di cuci dengan air kran dan sabun halus, seperti sabun tangan atau sabun cuci piring anti-bakterial, tetapi harus membilas lensa dengan baik supaya tidak ada sisa-sisa sabun, pelembab, pewangi atau anti bakterial yang berbahaya untuk jaringan dan bola mata. Setelah dicuci dan sebelum dipasang, protesa harus di bilas dengan larutan garam .
    Untuk pasien yang melepas lensanya hanya satu minggu, atau sebulan sekali, yang paling baik untuk mencuci protesa mata adalah menggunakan larutan kontak lens multifungsi yang bisa di beli di seluruh toko optik, untuk itu dapat menggunakan tempat khusus yang di kasih oleh okularis. Sebelum di pasang protesa harus di bilas dengan larutan garam steril.
    Untuk mencuci bola mata bisa memakai larutan garam seperti Ringer laktat / air infus yang bisa dibeli di apotek. 

Garansi
Maksudnya adalah, kami memberikan jaminan bahwa :
  • Di APM, semua konsultasi gratis.
  • Di APM pasien hanya akan membayar protesa kalau sudah jadi, itupun jika dia merasa nyaman,dan puas dengan hasil estetiknya.
  • Dalam dua bulan pertama, kalau lensa tidak bisa diterima dengan baik oleh pemakai, maka lensa bisa di kembalikan ke APM dan uang pasien akan dikembalikan sepenuhnya. Karena kami hanya menjual mata palsu dan lensa hanya jika bisa diterima dengan baik oleh pasien.
  • Selama 4 tahun warna lensa tidak berubah, kornea tetap bening, bentuk pupil tetap bulat berada di posisi yang sama, itu kalau anda rajin merawat lensa dan memolesnya setiap 6 bulan. 
Servis dan modifikasi
  • Servis
  • Lensa korneoskleral harus diservis setiap 6 bulan sekali di laboratorium untuk desinfeksi, menggosok/memoles bagian luar dan dalam lensa, dan mensterilkan. Hal itu sangat penting karena dapat mencegah complikasi kesehatan mata, menyamankan pemakaian, mencegah atau mengurangi cairan, sehingga lensa awet bisa di pakai lebih lama.
    Anda tidak dapat melakukannya sendiri di rumah, hanya okularislah yang berwenang dan yang memiliki peralatan yang dibutuhkan.
    Biaya servis murah.
    Dalam waktu yang bersamaan okularis juga akan memeriksa apakah jaringan dan bola mata pasien sehat; karena kalau tidak dia akan mengirim pasien konsultasi ke dokter mata.

    Perhatian : lensa yang tidak di servis akan mudah mikro-retak, berkolonisasi dengan bakteri dan jamur, memperbanyak endapan protein, garam, dll. Susunan dalam dapat berubah, membuat lensa akan cepat usang dan rusak.
  • Modifikasi
  • Lensa anda bisa diperbesar, diperkecil, disesuaikan lagi, asalkan masih dalam waktu 3 tahun pembuatan. 

Daya tahan lensa penutup
Di Eropa, skleral lens harus diganti rata-rata setiap 6 tahun, tetapi kenyataannya dengan lensa yang sama bisa bertahan 4 sampai 8 tahun, itu tergantung pada yang memakainya, lingkungan sekitar, cara beraktivitas dan bagaimana cara dia merawatnya.
Di Indonesia lensa penutup harus diganti rata-rata setiap 5 tahun, dengan lensa yang sama bisa bertahan 3 sampai 7 tahun.
Di Indonesia, protesa mata lebih cepat usang karena suhunya yang panas, lingkungan tropis dengan banyak debu, pasien sering kali masih berusia muda yang bekerja di lapangan.
Untuk seseorang yang pergi ke kantor dengan mengendarai mobil, protesa akan lebih awet di bandingkan dengan orang yang bekerja di luar dan yang menggunakan motor.

Lensa yang terbuat dari bahan kaca

1 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik