Entri Populer

manfaat buah alpukat bagi pasien gangguan ginjal

Written By iqbal_editing on Jumat, 24 Februari 2017 | 06.38

Meski informasi yang beredar viral dapat mengatasi penyakit ginjal tanpa cuci darah faktanya belum terbukti secara ilmiah, namun konsumsi daging buah alpukat itu sendiri justru bermanfaat besar lho. Terutama untuk pasien dengan gangguan ginjal.

Hal ini disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD kepada detikHealth baru-baru ini. Jansen menjelaskan bahwa bagi mereka yang memiliki masalah dengan penyakit ginjal, konsumsi buah alpukat sangat dianjurkan.

Menurut Jansen, salah satu kelebihan dari alpukat adalah buah ini memiliki kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Kandungan ini diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, yang membantu bagi pasien penyakit ginjal.

"Konsumsi alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah. Walaupun tekanan darah tinggi tidak hanya merupakan gejala dari penyakit ginjal tetapi juga komplikasi penyakit ginjal. Sangat penting bagi mereka untuk menjaga tekanan darah tinggi kontrol ketat," tuturnya.


Terkait hal ini, disebutkan bahwa alpukat tinggi akan kandungan potassium yang mampu menurunkan tekanan darah. Sebab pada dasarnya potassium dapat membantu memperluas pembuluh darah. "Kandungan potassium alpukat juga membantu ekskresi kalsium urin dan menurunkan risiko batu terbentuk di ginjal," imbuh Jansen.

Satu cangkir alpukat mengandung sekitar 23 persen dari nilai harian folat. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya akan folat memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri merupakan salah satu komplikasi penyakit ginjal, sehingga pasien bisa mengonsumsi alpukat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Sayur dan buah-buahan lain yang bermanfaat bagi pasien penyakit ginjal di antaranya seperti wortel, seledri, bawang, apel, pir, dan lain-lain. Namun demikian, jika pada dasarnya memang ginjal pasien sudah sangat bermasalah dan darah tidak tersaring dengan baik, maka kondisi tersebut sudah tidak dapat disembuhkan hanya dengan makanan tertentu dan memerlukan tindakan medis lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik