Entri Populer

tips mengunting kuku bagi bayi

Written By iqbal_editing on Kamis, 09 Februari 2017 | 20.57

- Memotong kuku bayi bisa jadi tantangan tersendiri bagi ibu. Belum lagi, ibu yang merasa tidak berani karena khawatir proses memotong kuku akan melukai jari si kecil.

Terkait hal ini, dokter pediatri di Children's Hospital at Montefiore di Bronx, New York, Molly Broder MD mengatakan bayi bisa dengan mudah mencakar dirinya jika kukunya terlalu panjang. Terutama di usia awal di mana ia belum memiliki kontrol yang baik.

Menurut Broder, mungkin ibu bisa mengandalkan sarung tangan. Tapi, itu akan mudah terlepas seiring bertambahnya usia anak. Ditambahkan dokter pediatri di Children's Community Pediatrics, Pamela Schoemer, MD, kuku yang tak kunjung digunting bisa memicu infeksi.

"Kuku jari tangan biasanya butuh digunting beberapa kali seminggu. Sementara, kuku jari kaki memanjang lebih lambat sehingga tak perlu terlalu sering dipotong," kata Schoemer kepada Fit Pregnancy.

Nah, berikut ini alat yang bisa digunakan ibu untuk menggunting kuku bayi agar ibu bisa tenang dan berani memotong kuku si kecil:

1. Gunting kuku (jepitan)

Alat ini menurut Broder mudah digunakan. Sebab, orang dewasa pun banyak yang menggunakannya. Broder menyarankan, gunting kuku model jepitan ini bisa digunakan untuk bayi berusia di atas 1 bulan. Tapi, tetap lakukan dengan hati-hati ya Bunda. Sebab, tetap ada risiko jika bagian jari tak sengaja tergunting.
"Gunting dengan ukuran kecil bisa bekerja dengan baik. Beberapa ibu ada yang menggunting kuku anaknya dari pinggir supaya lebih mudah melihat bagian yang belum terpotong," kata Broder.

2. Gunting

Gunting khusus bayi untuk memotong kuku mudah ditemukan di pasaran. Tapi, dalam penggunaannya tetap ada risiko bagian jari si kecil terpotong. Jika ini terjadi, segera cuci jari bayi dengan sabun dan air kemudian keringkan jari bayi (dengan agak ditekan lembut) menggunakan handuk selama beberapa menit. Menurut Broder, ibu tak perlu memakaikan plester pada bayi karena ada risiko tertelan.

3. Alat pengikir kuku

"Menggunakan alat pengikir kuku adalah cara terbaik memotong kuku bayi Anda. Sebab, minim risiko jari si kecil terluka. Alat ini juga bisa digunakan memotong kuku bayi yang berusia lebih tua. Jika Anda merasa agak sulit menggunakan pengikir kuku manual, coba gunakan alat pengikir kuku elektrik," kata Broder.
Ia mengingatkan, jangan pernah mencoba menggigit kuku si kecil seperti Anda biasanya menggigit kuku dalam rangka memendekkan kuku. Sebab, ada risiko perpindahan bakteri ketika Anda melakukan itu pada si kecil. Kemudian, jika ada sisa kuku bayi yang belum terpotong, cukup gunting kuku tersebut dan jangan menariknya. Sebab, ada risiko kuku akan robek terlalu dalam dan melukai bagian jari anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik