Entri Populer

hubungan tulang rapuh dan jarang olahraga

Written By iqbal_editing on Minggu, 26 Maret 2017 | 23.43

Anak cuma mau main gadget di dalam rumah dan ogah melakukan aktivitas fisik di luar? Hati-hati tulangnya jadi rapuh dan mudah patah.

Ya, studi baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti dari University of British Columbia menemukan bahwa anak dan remaja yang kurang aktif cenderung memiliki tulang lebih rapuh.

"Kami menemukan bahwa remaja yang kurang aktif memiliki tulang lebih lemah, padahal kekuatan tulang sangat penting untuk mencegah risiko patah tulang. Diduga ini karena jarang bergerak membuat tulang tidak terlatih untuk menguatkan diri," ungkap peneliti Leigh Gabel, seperti dikutip dari Daily Mail.

B
Dalam studi ini, tim melakukan pengukuran aktivitas dan kekuatan tulang pada 309 remaja sejak mereka berusia 10 tahun hingga 16 tahun. Studi dilakukan pada rentang usia tersebut karena 36 persen dari kerangka manusia terbentuk dalam periode tahun tersebut.

Untuk mengukur kadar kekuatan tulang dan membandingkan antara responden yang berolahraga atau tidak, tim menggunakan rontgen dengan resolusi tinggi 3D. Hasilnya, mereka yang rutin melakukan aktivitas fisik, termasuk bermain di luar rumah dan olahraga, setidaknya 60 menit sehari memiliki tulang yang lebih besar dan lebih kuat.

Dituliskan dalam Journal of Bone and Mineral Research, kadar kekuatan tulang yang diukur itu sendiri terdiri dari ukuran tulang, kepadatan dan mikroarsitektur tulang. Jika

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik