Entri Populer

tanda pasien depresi pasien bipolar

Written By iqbal_editing on Minggu, 26 Maret 2017 | 23.58

Bipolar merupakan gangguan suasana hati yang terjadi secara drastis dengan episode depresi dan mania. Lantas, bagaimana ciri-ciri dari episode tersebut?

Menurut Alexandra Gabriella MPsi Psi CHt, pasien bipolar dengan episode depresi memiliki ciri emosi dengan perasaan bersalah dan tertekan seperti perasaan tidak berguna untuk hidup. Kemudian perasaan tidak bersemangat dan hampa.

Lebih lanjut, Alexa mengatakan secara fisik seseorang dengan episode depresi cenderung mengalami perubahan berat badan secara signifikan. Sehingga ada yang menjadi lebih gemuk maupun lebih kurus.

"Atau kalau bukan berat badan pasti pola makannya. Selain itu, suka keluar air mata terus padahal nggak kenapa-kenapa nah itu karena moodnya jelek," kata Alexa dalam acara Talkshow 'Mengenal Tanda-tanda Bipolar dan Penangannya' di Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Sabtu (25/3/2017).

"Pada pikirannya menganggap diri tidak berharga dan ketertarikan untuk bunuh diri," imbuh wanita yang praktik di Global Center Consulting Physchology ini.


Sementara pada episode mania, pasien bipolar akan memiliki ciri-ciri emosi yang sangat bersemangat dan mudah tersinggung pada hal kecil. Sementara terkait ciri fisik, pasien akan merasa sangat berenergi sehingga tidak terlalu membutuhkan tidur.


Ilustrasi gangguan bipolarIlustrasi gangguan bipolar Foto: Thinkstock
"Tidur biasanya cuma 2-3 jam atau bahkan nggak tidur sama sekali bisa lho. Lalu, libido meningkat sehingga merasa semua orang naksir sama dia. Kemudian perilakunya melakukan kegiatan yang dianggap menyenangkan dan berisiko tinggi misalnya ngebut-ngebutan ," tutur Alexa.

Selanjutnya, ciri pikiran pasien bipolar pada episode mania biasanya akan memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi misalnya beranggapan diri sebagai titisan Tuhan.

Tapi Alexa mengingatkan bahwa tidak semua ciri tersebut muncul pada pasien bipolar. Seseorang dapat dikatagorikan sebagai bipolar jika memiliki minimal lima dari ciri yang ia sebutkan.

Nah, untuk mengatasi munculnya episode pada pasien bipolar, Alexa mengatakan ada dua hal yang harus dilakukan yaitu psikofarmakoterapi atau mengonsumsi obat dan psikoterapi. Hal ini dilakukan agar pasien dapat mengontrol munculnya episode kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik