Entri Populer

ucapan yang ga boleh diomongin ke pasien bipolar

Written By iqbal_editing on Senin, 27 Maret 2017 | 00.00

Pasien bipolar memiliki masalah dengan perubahan suasana hati. Nah untuk itu, ada kalimat yang mesti dihindari untuk diucapkan pada pasien bipolar.

"Jangan pernah ngomong 'kayaknya kamu kambuh deh' walaupun itu biasa refleks dilakukan orang-orang. Itu seperti nge-judge dia nggak bisa normal," kata Alexandra Gabriella MPsi Psi CHt kepada detikHealth.

Selain itu, kata yang sebaiknya dihindari adalah 'jangan stres-stres nanti lu kambuh' karena pasien bipolar sensitif dengan kata 'kambuh'. Hal itu ia sampaikan di sela-sela Talkshow 'Mengenal Tanda-tanda Bipolar dan Penangannya' di Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Sabtu (25/3/2017).


Nah, untuk itu Alexa memberikan contoh kalimat yang lebih baik diucapkan pada pasien bipolar. Seperti 'kamu perasaanya bagaimana?' atau 'kok kayaknya saya lihat kamu lebih semangat ya? Bagaimana perasaan kamu?'.

"Atau 'catatan harian kamu hari ini bagaimana?'. Nah, kalimat seperti itu akan lebih mengingatkan mereka akan kepedulian dirinya," sambung Alexa.

Oleh karena itu, Alexa mengingatkan keluarga atau lingkungan yang memiliki pasien dengan bipolar untuk selalu memberikan pendampingan dan kepedulian pada pasien bipolar. Sebab, hal tersebut bisa memperburuk kondisi pasien jika tidak dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik