Entri Populer

kebiasaan memakai sepatu ketat

Written By iqbal_editing on Rabu, 15 Maret 2017 | 07.26

Saat membeli sepatu, khususnya online, seringkali terjadi kasus di mana ternyata ukurannya tak pas alias kesempitan. Jika demikian, sebaiknya Anda tak memaksakan diri tetap memakainya ya. Memakai sepatu sempit dapat mengganggu kesehatan kaki.

Seperti disampaikan oleh Ryan Minara dari The Center for Podiatric Care and Sports Medicine, New York, bahwa masalah pada kesehatan kaki kebanyakan memang dipengaruhi oleh faktor genetik, namun keliru memilih sepatu juga tak kalah berpengaruh.

"Sepatu ketat sering memicu timbulnya masalah seperti kapalan, kuku tumbuh tak sempurna, hingga infeksi jamur. Disarankan untuk memakai sepatu dengan model yang longgar dan tidak terlalu menekan kaki," imbuh Minara.

Berikut efek-efek pemakaian sepatu sempit dalam jangka panjang, seperti dirangkum dari Times of India:

1. Bunion
Salah satu efek yang bisa muncul akibat pemakaian sepatu sempit adalah bunion. Bunion merupakan kondisi di mana terjadi kelainan bentuk pada jempol kaki. Akibat pemakaian sepatu sempit, jempol kaki menjadi terdorong ke depan dan ke samping menuju jari kaki lainnya. Meski terkesan sepele, kondisi ini dapat menyebabkan nyeri hebat, terutama karena bunion terletak pada sendi kaki.

Kondisi ini disebut-sebut muncul kebanyakan akibat dari faktor genetik. Namun American Academy of Orthopaedic Surgeons menyebutkan bahwa bunion juga sangat mungkin terjadi akibat kebiasaan memakai sepatu yang terlalu ketat


2. Kapalan
Saat Anda memakai flat shoes dengan ukuran tidak sesuai dan tanpa bantalan alas yang empuk, biasanya bagian telapak kaki Anda akan menjadi rentan mengalami kapalan. Ini merupakan jaringan lunak yang terbentuk di antara jari kaki sebagai akibat dari gesekan dan tekanan dari sepatu sempit. Untuk mencegah terjadinya kapalan, Anda bisa mengganti sepatu dengan ukuran yang lebih longgar dan memberikan alas pada sepatu untuk mengurangi tekanan.


3. Infeksi jamur
Karena sepatu sempit membuat aliran udara di area kaki menjadi minim, kaki pun menjadi lembab akibat tumpukan keringat. Kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya infeksi jamur, terutama jika Anda bekerja di tempat yang bersuhu panas dan mengharuskan Anda memakai sepatu seharian penuh.
 

 4. Kuku tak tumbuh sempurna
Ketika kuku sudah dipotong pendek namun tidak ada cukup ruang untuk tumbuh akibat kebiasaan memakai sepatu yang sempit, maka kuku bisa berbalik ke dalam dan mulai tumbuh ke dalam jaringan kaki. Tekanan konstan ini pun berpotensi menimbulkan peradangan dan nyeri yang sangat hebat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik