Entri Populer

pulih dari kanker ada kerentanan terhadap jantung

Written By iqbal_editing on Selasa, 07 Maret 2017 | 17.58

Studi sebelumnya telah menemukan kaitan antara obat kanker bernama anthracycline bisa melemahkan otot-otot jantung. Selain itu beberapa terapi radiasi juga ditemukan berkontribusi terhadap gangguan ritme jantung serta kerusakan struktural pada arteri dan katup jantung.

Kali ini studi terbaru dari St. Jude Children's Research Hospital, Amerika Serikat, semakin menguatkan bahwa para survivor kanker terutama yang masih anak-anak mungkin akan menghadapi masalah penyakit jantung di usia muda. Pemimpin studi dr Daniel Mulrooney mengatakan ini artinya dokter harus waspada dan melakukan cek rutin terhadap kesehatan jantung pasien.

"Sebuah gaya hidup yang ramah jantung, penting bagi semua pasien terutama survivor kanker anak-anak yang berisiko alami penyakit jantung pada usia yang lebih awal dari rekan-rekan mereka," kata dr Daniel seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (6/1/2016).



dr Daniel melakukan penghitungan prevalensi sakit jantung pada 1.853 orang dewasa yang dulunya mereka survivor kanker anak. Hasilnya ditemukan bahwa seiring bertambahnya usia risiko sakit jantung juga bertambah mulai dari 3-24 persen untuk kelompok usia 30-39 tahun hingga 10-37 persen pada kelompok usia 40 tahun ke atas.

Studi yang dipublikasi di jurnal Annals of Internal Medicine ini menyebut hanya sedikit dari partisipan yang menunjukkan gejala jantung. Mereka justru baru mengetahui punya masalah setelah mengikuti studi.

dr Jean-Bernard Durand, direktur medis cardiomyopathy dari University of Texas MD Anderson Cancer Center berkomentar bahwa meski berisiko tapi tetap prioritas yang pertama adalah bagaimana melawan kanker dahulu. Kecuali pada kasus di mana anak memiliki jantung yang sangat lemah.

Menurut dr Durand survivor kanker juga harus turut aktif mengingatkan dokter untuk melakukan cek kesehatan jantung rutin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik