Entri Populer

tidak bisa menyamaratkan pasien kanker

Written By iqbal_editing on Minggu, 12 Maret 2017 | 20.45

Meski mengidap jenis kanker yang sama, belum tentu pengobatan yang diberikan pada pasien akan sama. Menurut dokter, ini adalah hal yang wajar sebab tiap pasien punya karakter khas masing-masing.

Demikian disampaikan oleh DR dr Dody Ranuhardy, SpPD, KHOM dalam seminar 'Multi Disciplinary Approach in Cancer Therapy in Managing Top Cancer Incident in Men & Women' yang diadakan di RS Mitra Keluarga Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/3/2017).

Menurut dr Dody, kanker merupakan suatu penyakit sistemik. Pada penyakit ini, terjadi proliferasi abnormal dari sel yang tidak diimbangi dengan kematian sel, sehingga terjadi akumulasi sel abnormal.

Baca juga: Pesan Jupe ke Pasien Kanker: Jangan Lihat Gimana Ntar!

"Setiap jenis kanker mempunyai karakter sendiri-sendiri, bahkan kanker yang sama pun karakternya bisa beda-beda. Jadi jangan heran misal kena kanker, lalu pengobatan dari dokter kok beda dengan pasien lain. Jangan bingung," tutur dr Dody.

Karena sifat kanker punya perbedaan, maka pengobatan dan prognosisnya pun bisa berbeda. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki komposisi sel dan reseptor yang berbeda. Akibatnya, sistem imun pun bisa berbeda tiap orang dan berefek pada perbedaan karakter kanker.

"Bisa juga karena perbedaan overproduksi sel-sel kanker, yang biasanya disebabkan karena kegagalan sel-sel abnormal untuk apoptosis, yakni layu kemudian mati," imbuhnya.

Faktor-faktor khas ini menyebabkan pengobatan pada pasien kanker bisa berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan. Jika Anda mengalami perbedaan ini, dr Dody menganjurkan Anda untuk tetap mengikuti saran dan anjuran pengobatan dari dokter masing-masing. Ini karena setiap dokter tentu sudah mempertimbangkan banyak hal saat mendiagnosis dan merencanakan pengobatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik