Entri Populer

tips agar kulit ga kering saat fenomena equinox

Written By iqbal_editing on Kamis, 16 Maret 2017 | 07.29

, Fenomena equinox diperkirakan terjadi pada 21 Maret 2017. Ini merupakan fenomena astronomi yang menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis.

Meskipun belum tentu ada peningkatan suhu secara drastis, namun ada baiknya Anda mengetahui bagaimana caranya agar kulit siap menghadapi suhu yang lebih panas. Disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin RS Surya Husadha, dr Laksmi Duarsa, SpKK, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama menghadapi suhu panas.

Salah satunya adalah mandi saat tubuh terasa tidak nyaman atau terlalu kegerahan. Tak perlu dengan air dingin seperti informasi yang beredar di media sosial, cukup dengan air bersuhu suam-suam kuku. Yang tak kalah penting, siramlah tubuh perlahan-lahan dan jangan sekaligus.

Misalnya pertama siram dahulu bagian tangan, lalu kaki, wajah dan baru kemudian badan. Dengan begitu, tubuh bisa lebih mudah menyesuaikan dengan suhu air. Untuk frekuensi, tak ada patokan berapa kali yang dianjurkan. Mandi boleh dianjurkan sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: Hadapi Fenomena Equinox, Perlukah Mandi Air Dingin Sesering Mungkin?

Jangan lupa juga untuk minum air putih untuk menjaga hidrasi tubuh dan kulit. Jika yang beredar informasinya adalah 3 liter per hari, dr Laksmi menjelaskan bahwa tak harus berjumlah demikian. Sebab jika air dikonsumsi berlebihan apalagi sekaligus, yang ada justru Anda akan memberatkan kerja ginjal.

"Minum 2 liter juga cukup kok, sesuaikan dengan kondisi saja. Suhunya tidak perlu dingin ya, yang biasa saja tak apa-apa. Jika memungkinkan lebih baik juga Anda berada di dalam ruangan saja ya, hindari aktivitas berlebihan di luar ruangan," imbuh dr Laksmi.

Jika memang Anda harus keluar ruangan, maka sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Menurut dr Laksmi, tidak perlu memakai tabir surya dengan SPF terlalu tinggi karena jika tidak cocok justru dapat membuat kulit iritasi dan alergi. Pastikan Anda memakai ulang tabir surya secara rutin paling tidak 4-5 jam sekali bergantung kebutuhan.

Yang tak kalah penting, apabila Anda berkeringat karena suhu yang panas, maka sebaiknya jangan tunda untuk mengganti pakaian. Memakai pakaian yang basah karena keringat terlalu lama dapat mengundang datangnya jamur yang bisa menimbulkan infeksi dan iritasi dermatitis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik