Entri Populer

Trik Agar Probiotik dari ASI Tetap Dimiliki Anak yang Sudah Disapih

Written By iqbal_editing on Jumat, 31 Maret 2017 | 00.14

Salah satu nilai istimewa dari air susu ibu (ASI) adalah kandungan probiotik alaminya yakni Laktobasilus reuteri. Nah, ketika anak sudah disapih, bagaimana ya caranya agar probiotik ini tetap tumbuh dalam saluran cerna anak?

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc atau yang akrab disapa dr Tati, probiotik banyak terdapat dari berbagai sumber, di antaranya makanan dan non-makanan. Untuk non-makanan, probiotik dalam bentuk ekstrak sudah banyak dijual di pasaran.

Sementara untuk makanan, probiotik banyak terdapat dari susu dan produk olahannya. Termasuk di antaranya yakni yoghurt kental. Untuk anak berusia balita, sudah dapat diberikan probiotik melalui sumber makanan seperti ini.

Baca juga: Agar Terbiasa Makan Sayur, Ini 4 Trik yang Bisa Dilakukan

"Kalau anak sudah dapat ASI, probiotik alaminya yakni L. reuteri harus dibuat tetap hidup dan berkembang biak. Salah satunya yaitu dengan cara diberikan 'makanan' yakni prebiotik," tuturnya dalam konferensi pers Happy Wonderland Lactogrow di Pacific Place, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Prebiotik banyak terdapat dalam serat, yang bisa didapat melalui cukup konsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin. Dengan hal ini, probiotik yang sudah ada disebutkan oleh dr Tati nanti akan berkembang biak dan tumbuh lebih banyak. Pada akhirnya, kesehatan saluran cerna anak juga akan lebih terjaga.

Selain menyehatkan saluran cerna dan membantu mempertahankan probiotik, konsumsi sayur dan buah pada anak juga membantu mengurangi risiko asma lho. Sebuah studi yang dilakukan oleh American College of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI) baru-baru ini menyebutkan bahwa anak yang sejak kecil jarang mengonsumsi buah dan sayur, maka risikonya untuk mengalami asma meningkat 53 persen.

Diyakini bahwa diet yang kaya akan nutrisi dapat membantu tubuh menangkal penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asma sendiri merupakan suatu kondisi yang menyebabkan paru-paru tidak bekerja optimal dan proses pernapasan pun menjadi terganggu. Dengan perawatan yang tepat, gejalanya bisa tetap terkontrol.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik