Entri Populer

ALASAN ANAK AUTIS ENGGAK MANDI BUKAN KARENA MALAS

Written By iqbal_editing on Selasa, 04 April 2017 | 03.05

Malas menjadi salah satu penyebab anak enggan mandi. Namun, pada anak dengan autisme, enggan mandi bisa disebabkan adanya masalah sensoris atau dia tidak tahu tata cara mandi.

Seperti penuturan psikolog anak dan remaja dari RS Mayapada Jakarta Selatan, Adisti F Soegoto MPsi, Psikolog, BFRP, beberapa anak dengan autisme bisa mengalami masalah sensoris misalnya hipersensitivitas. Sehingga, sentuhan yang tergolong tidak terasa bisa jadi amat menyakitkan untuknya.

"Nah untuk mereka, berada di bawah pancuran/air itu bisa terasa menakutkan. Untuk mengakaliny, orang tua bisa meminta anak menyiram diri dengan gelas kecil, jadi flow airnya lebih lambat," tutur Disti ditemui di RS Mayapada Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2017).

Selain itu, ada pula anak dengan autisme yang enggan mandi karena tidak tahu caranya. Jika begitu, maka orang tua bisa menyusun cara mandi dengan lebih detail. Contohnya, tuliskan tata cara mandi pertama yakni nyalakan kran, basahi tubuh, lalu gosok badan dengan sabun dan keramasi rambut dengan sampo selama beberapa hitungan.

"Mending pakai hitungan, misal 60 hitungan. Jangan pakai 1 menit, anak jadi tambah bingung," ujar Disti yang juga praktik di klinik tumbuh kembang Kancil, Duren Tiga ini.

Untuk urusan mandi, pemilihan bahan handuk pun tak boleh disepelekan. Sebab, pada anak dengan hipersensitivitas, gesekan handuk dengan bahan tertentu bisa saja membuatnya tidak nyaman. Sehingga, kata Disti, penting memilih bahan handuk yang bisa diterima oleh kulit anak.

Jangan lupa, orang tua bisa memberi pujian ketika sang anak bisa mandi sendiri. Sebab, capaian sekecil apapun ketika dipuji oleh orang tua bisa membuat anak khususnya anak dengan autisme merasa percaya diri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik