Entri Populer

apakah ada kaitan kegemukan dan keputihan

Written By iqbal_editing on Senin, 24 April 2017 | 20.24

Hampir semua wanita mengalami masalah keputihan. Namun keputihan disebut-sebut lebih sering dialami oleh mereka yang bertubuh gemuk. Kira-kira ada kaitannya tidak ya keputihan dengan berat badan seseorang, misal dengan orang gendut atau orang yang kurus.

"Nggak ada hubungannya antara wanita yang obes dengan keputihan," tutur dokter spesialis kandungan dari Mayapada Hospital Tangerang, dr Noviyanti, SpOG, beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, ia katakan, wanita yang memiliki bobot tubuh berlebih atau obesitas, pada area kewanitaannya cenderung lembab karena tertutup oleh lemak. Nah, karena lembap itulah otomatis kuman, parasit, dan jamur tumbuh dengan mudah dan memicu terjadinya keputihan.



Maka itu wajib menjaga Miss V supaya tidak cepat lembap, salah satunya dengan sering-sering mengganti celana dalam yang berbahan katun dan menyerap keringat. "Kalau sudah lembap, baiknya ganti," ujar dr Novi.

Kemudian, syarat lain yang harus diperhatikan adalah soal kebersihan Miss V, untuk mencegah keputihan abnormal, dr Novi menyarankan membasuh Miss V dengan menggunakan air keran bersih yang mengalir. Di samping itu hindari juga cara cebok yang salah, yakni dari arah bokong ke depan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik