Entri Populer

beberapa gejala stroke yang sering diabaikan

Written By iqbal_editing on Minggu, 23 April 2017 | 16.03

, Menurut dokter, stroke perlu mendapatkan penanganan yang cepat. Sayangnya gejala dari stroke justru sering terabaikan dan dianggap 'tidak darurat'. Seperti apa gejala yang penting diketahui?

Disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), Prof Moh. Hasan Machfoed, MD, MSc, PhD, gejala stroke yang sering terjadi di antaranya cara bicara yang menjadi cadel, serta penurunan fungsi gerak tangan dan kaki.

Selain itu, bisa juga terjadi penurunan fungsi gerak pada tangan dan/atau kaki sebelah kanan atau kiri. Kemampuan bicaranya juga bisa menjadi menurun, bahkan bisa sampai tidak mampu bicara yang jelas sama sekali.

Baca juga: Perbaiki Penanganan Stroke di Indonesia, 'Angels Initiative' Diluncurkan

"Saat diajak bicara, orang itu juga biasanya akan mengalami penurunan konsentrasi dan cenderung tidak fokus," ujar Prof Hasan dalam temu media peluncuran program Angels Initiative di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

Dikutip dari situs resmi American Stroke Association, gejala lain dari stroke yang perlu diketahui adalah ketika orang tersebut tidak bisa menggerakkan otot-otot di wajahnya, alias terasa kaku. Cobalah minta orang tersebut untuk tersenyum, jika terasa kaku atau bahkan tidak bisa, maka kemungkinan itu merupakan gejala stroke.

Perhatikan juga kemampuan melihat pasien. Seseorang dengan stroke juga bisa saja mengalami penurunan kemampuan melihat, baik pada salah satu mata maupun keduanya. Gejala lainnya, seseorang dengan stroke juga mungkin mengalami sakit kepala.

Jika sudah muncul tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, segera bawa pasien ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih cepat. Keterlambatan penanganan sering menjadi alasan mengapa pasien stroke tak teratasi dengan baik. "Makin cepat teratasi, makin bagus hasilnya. Itu prinsipnya," tegas Prof Hasan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik