Entri Populer

dampak psikologi orang tua berantam di depan anak

Written By iqbal_editing on Senin, 17 April 2017 | 01.15

Perceraian orang tua adalah hal yang harusnya paling dihindari pasangan jika ingin anak mereka bahagia. Namun nyatanya ada yang lebih 'mengerikan' dari perceraian itu sendiri.

Penelitian yang dilakukan University of York terhadap 19.000-an anak di Inggris menyebutkan, anak yang melihat orang tuanya sering bertengkar akan lebih 'tersiksa' ketimbang melihat perceraian keduanya.

Dengan kata lain, hasil studi ini menepis anggapan umum bahwa perceraian berdampak buruk bagi anak. Nyatanya hubungan yang tidak langgeng antara orang tua sebelum kemudian berpisahlah yang menjadi pokok persoalannya.

"Bisa dibilang konflik yang terjadi pada orang tua justru lebih membahayakan bagi tumbuh kembang anak daripada perpisahan itu sendiri," ungkap peneliti Gloria Moroni seperti dilaporkan Daily Mail.

Baca juga: Studi Ini Sebut Perceraian Orang Tua Bisa Picu Stres dan Diabetes pada Anak
Peneliti kemudian mengungkapkan 30 persen dari anak-anak ini akan cenderung mengalami masalah dalam perilakunya. Dalam hal ini bisa berarti kurang bisa berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, dikeluarkan dari sekolah, tidak sukses berkarir dan memiliki masalah emosional.

Meski demikian, pertengkaran orang tua dikatakan peneliti hanya berkontribusi terhadap adanya gap atau kesenjangan 'non-cognitive skills' sebanyak 50 persen saja. 35 persen dipicu oleh masalah finansial dalam keluarga, karena pasangan yang bercerai rata-rata mengalami masalah finansial.

"Seperti lingkaran setan, orang tua yang cenderung bercerai biasanya mereka yang berpendidikan rendah atau berpenghasilan rendah. Sebagian besar dari mereka juga menikah muda," imbuh Moroni.


Kendati begitu, menurut psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi baik bertengkar maupun bercerai, keduanya sama-sama berdampak buruk bagi anak. "Kalau misal anak melihat orang tuanya bertengkar dan itu sering terjadi, bisa membuat kondisi psikologisnya terganggu. Misalnya gangguan kecemasan anak jadi meningkat sehingga berdampak ke hal lainnya," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Akan tetapi bila orang tua bercerai, anak akan kehilangan salah satu peran orang tua. Kalaupun ada yang tinggal bersama si anak, misalkan kakek, sosoknya mungkin bisa mengisi peran ayah, namun peran itu pun dirasa tidak terlalu signifikan.

Untuk itu Ratih juga menyarankan agar orang tua memberikan kasih sayang yang utuh meskipun sudah hidup terpisah demi meminimalisir dampak buruk yang muncul akibat perceraian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik