Entri Populer

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN UNTHUK MENCEGAH INFEKSI PADA GIGI ANAK

Written By iqbal_editing on Senin, 03 April 2017 | 23.18

, Saat gigi anak tanggal, tak sedikit orang tua yang kemudian panik dan tidak tepat merawatnya. Jika terjadi demikian, gusi anak justru bisa infeksi lho.

Maka dari itu, orang tua perlu tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat gigi susu anak tanggal. Demikian disampaikan oleh dokter gigi sekaligus founder dari Vatsalya Dental, India, Dr Srivats Bharadwaj, dikutip dari Times of India.

"Ketika gigi anak tanggal, pastikan Anda mengingatkan anak supaya tidak menekan gusi dan menyikatnya terlalu keras. Ini karena area tersebut masih sangat sensitif," tutur Bharadwaj.



Yang tak kalah penting, catat kapan gigi tersebut tanggal. Ini supaya apabila dalam waktu lima hingga enam bulan kemudian tak ada gigi pengganti yang tumbuh, maka dokter bisa lebih mudah mengidentifikasi penyebabnya. 

"Ingatkan diri sendiri dan anak tentunya untuk tidak memaksa mencabut gigi sendiri. Ketika gigi belum waktunya untuk tanggal namun dipaksa, maka ini bisa membuat akar gigi menjadi rusak dan muncul bakteri. Bakteri-bakteri ini kemudian bisa menyebabkan infeksi," pesan Bharadwaj.

Ia menuturkan, sebaiknya biarkan gigi susu tanggal sendiri pada waktunya. Tapi ingat ya, ketika gigi susu sudah mulai goyah dan terasa longgar namun tak kunjung tanggal selama beberapa bulan, maka sebaiknya anak dibawa ke dokter gigi untuk diperiksa apakah perlu dilakukan pencabutan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik