Entri Populer

HBUNGAN RAJIN OLAHRAGA DAN MENCEGAH CEPAT PIKUN

Written By iqbal_editing on Rabu, 26 April 2017 | 01.23

Olahraga tidak hanya baik untuk kebugaran otot. Sebuah penelitian membuktikan olahraga juga baik untuk menjaga kebugaran otak, terutama ketika memasuki usia lanjut.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Australia ini merupakan kajian dari sekitar 39 penelitian terdahulu. Mereka ingin membuktikan seberapa kuat kaitan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif di otak.

Dimuat di British Journal of Sports Medicine, penelitian tersebut menemukan bukti bahwa olahraga yang bersifat aerobik bisa memperbaiki fungsi kognitif. Termasuk dalam jenis olahraga ini adalah berjalan kaki dan bersepeda.

Sementara itu, olahraga yang lebih dominan melatih otot seperti angkat beban, terbukti bisa memperbaiki kemampuan otak dalam mengingat. Para ilmuwan menyebutnya sebagai fungsi eksekutif.

Joe Northey dari Research Institute for Sport and Exercise mengatakan penelitian ini cukup meyakinkan untuk menjadikan olahraga sebagai rekomendasi pencegahan pikun, terutama pada kelompok usia 50 tahun ke atas.


"Meski Anda hanya melakukan olahraga dengan intensitas sedang sebanyak 1-2 kali dalam sepekan, tetap ada peningkatan pada fungsi kognitif, tapi peningkatan akan lebih baik jika lebih sering olahraga," katanya, dikutip dari BBC.

Temuan ini diperkuat dengan teori bahwa aktivitas fisik bisa meningkatkan suplai darah ke otak. Darah yang membawa oksigen serta nutrisi akan menjaga fungsi otak ketika menghadapi proses penuaan, serta membentuk neuron-neuron saraf di otak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik