Entri Populer

HUBUNGAN KURANG TIDUR DAN GANGGUAN TUMBUH KEMBANG ANAK

Written By iqbal_editing on Rabu, 26 April 2017 | 19.25

Tumbuh kembang anak tak hanya berhubungan dengan nutrisi. Kata pakar, pola tidur juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Dr dr Ahmad Suryawan, SpA(K), pakar tumbuh kembang anak dari RSU Dr Soetomo Surabaya mengatakan pola tidur berhubungan dengan keluarnya growth hormon atau hormon pertumbuhan. Saat anak tidur merupakan saat bagi tubuh melepaskan hormon pertumbuhan.

"Growth hormone itu baru keluar ketika anak sedang dalam deep sleep atau fase tidur dalam. Jadi kalau anaknya kurang tidur atau kualitas tidurnya jelek, ya growth hormonenya tidak akan keluar," tutur dokter yang akrab disapa dr Wawan ini, dalam temu media Sarihusada di D.Lab by SMDV, Gondangdia, Jakarta Pusat.


Hal senada dikatakan oleh dr Yoga Devaera, SpA(K). Dikatakan dr Yoga, saking pentingnya tidur bagi anak, orang tua tidak disarankan untuk membangunkan anak yang sedang tidur meskipun ketika sudah masuk waktunya makan.

"Kecuali jika anak sudah mengalami gangguan tidur. Misalnya tidurnya siang tapi malamnya aktif, ini kan nggak normal jadinya. Akibatnya anak malah jadi susah makannya," tambah dr Yoga di kesempatan yang sama.

Selain tidur yang cukup, anak juga membutuhkan aktivitas fisik. Aktivitas fisik menurut dr Wawan memiliki fungsi juga terhadap hormon pertumbuhan.

Dokter yang juga staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini mengatakan bahwa hormon pertumbuhan harus diaktifkan melalui aktivitas fisik. Karena itu, proporsi seimbang antara aktivitas fisik, pola tidur dan makanan sehat merupakan faktor utama tumbuh kembang yang maksimal.

"Kalau tidur saja tanpa aktivitas fisik ya hormonnya keluar doang tanpa diaktifkan. Sebaliknya kalau aktif saja tapi tidur kurang, ya tidak ada hormon yang keluar. Makanya kuncinya adalah keseimbangan," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik