Entri Populer

VIDEO IBU MENDAMAIKAN ANAK BERANTEM

Written By iqbal_editing on Rabu, 26 April 2017 | 23.10

Masing-masing orang tua punya cara tersendiri mendamaikan anak-anaknya yang tengah berkelahi. Seperti ibu bernama Alexis Tillman yang mengandalkan 'Kaos I Love You'. Siapa sangka, cara yang dilakukan Alexis jadi viral.

Dalam video berdurasi yang diunggah di akun Facebook-nya, tampak dua anak Alexis, Dominique Brown (10) dan adiknya, Tyler Tillman (8) berada di satu kaos berwarna putih berukuran besar hingga bisa dipakai mereka berdua. Inilah cara yang disebut Alexis 'Kaos I Love You'.

"Waktu itu anak saya berebut tablet dan mengatakan kata yang menyakitkan satu sama lain. Saya minta mereka berhenti dan meletakkan mereka di kaos yang saya sebut kaos I Love You. Kemudian saya meminta mereka berpegangan tangan dan melakukan tarian lambat sampai mereka tenang," kata Alexis.

Kepada Fox 13, Alexis mengaku hanya ingin melakukan yang terbaik dalam mengajarkan sang anak pentingnya mencintai satu sama lain. Dalam keterangan video yang diunggahnya, Alexis menegaskan dirinya tidak ingin sang anak berkelahi setiap hari. Ini bukan tanpa alasan ia lakukan.

Di tahun 2013, Alexis kehilangan ibunya. Berangkat dari hal itu, ia menegaskan kepada anak-anaknya bahwa setelah kepergian seorang ibu, saudara adalah salah satu yang dimiliki dan penting untuk dicintai. Selain berpegangan saat memakai 'kaos I love You', kadang Alexis juga meminta Tyler dan Dominique saling peluk selama 30 menit.

Sejak diunggah pada 27 Maret lalu, video ini sudah dilihat lebih dari 5,6 juta kali dan dibagikan oleh lebih dari 76 ribu netizen. Nampaknya, video Alexis bisa jadi inspirasi beberapa netizen. Meski, ada pula yang menganggap ide ini lucu.

"Tolong buat Ashley dan Justin melakukan ini," ujar Princess Jasmine. Kemudian, Letty Valadez mengatakan ini adalah ide yang baik dan ia amat menyukainya.

Baca juga: Punya Saudara 'Menyebalkan' Bisa Bermanfaat untuk Kesehatan Anak

Nah, sebenarnya ampuhkah cara seperti ini mendamaikan anak yang sedang berkelahi dengan keluarganya? Psikolog anak dari Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog mengatakan ampuh tidaknya cara seperti itu untuk mendamaikan anak yang berkelahi akan berbeda-beda pada tiap anak.

"Mungkin ini value dari orang tuanya, dibiasain kalau pakai kaos itu anaknya lama-lama akan baikan. Cuma sebetulnya metode apapun sebaiknya tetap dibarengi dengan masing-masing anak tahu salahnya apa, atau berantemnya kenapa dan perasaan masing-masing apa," kata Saskhy saat dihubungi detikHealth.

Terlebih untuk anak di usia sekolah, jika hanya dilakukan metode simbolisasi yakni memakai kaos bersama dan diminta berpelukan, dikatakan Saskhy bisa jadi di suatu titik tertentu anak akan melakukan hal itu karena hanya disuruh, tapi masalah di antara keduanya tidak selesai. Sehingga, menurut Sakshy metode ini bisa dipakai setelah kedua anak sudah tenang.

"Yang bisa kita lakukan waktu anak berantem, mereka dilerai dulu dan kasih space sendiri-sendiri. Lalu ditenangin, ini beda-beda sesuai kebutuhan anak. Misalnya yang satu lebih mudah tenang kalau dikasih minum dulu, yang satu kalau dielus-elus. Nah, pas udah tenang ditanya dulu baik-baik tadi ada apa, perasan masing-masing anak gimana, sedih atau marahnya kenapa. Baru habis itu masuk ke proses baikan dan kalau udah ademan, bisa masuk tuh metode-metode simbolisasi gitu," tutur Saskhy.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik