Entri Populer

3 Hal yang Menyebabkan Penuaan Otak Menjadi Lebih Cepat

Written By iqbal_editing on Kamis, 04 Mei 2017 | 23.27

Penuaan otak berhubungan erat dengan penurunan fungsi kognitif. Semakin tua usia otak, semakin kecil volumenya, yang membuat kemampuan orang untuk mengingat dan memproses informasi menjadi berkurang.

Studi terbaru dari Finlandia menyebut ada tiga hal yang terbukti secara ilmiah mampu mempercepat penuaan otak. Tiga hal tersebut adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kebiasaan merokok.

"Studi ini membuktikan bahwa hubungan kesehatan sistem kardiovaskular dengan otak sangat erat. Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menjaga tekanan darah dan kolesterol serta berhenti merokok dapat mencegah percepatan penuaan otak," tutur Suvi Rovio, peneliti dari Research Center of Applied and Preventive Cardiovascular Medicine, University of Turku, dikutip dari Reuters.


Penelitian dilakukan kepada 3.500 anak usia 3 hingga 18 tahun sejak tahun 1980. Peneliti mengambil data soal tekanan darah, kadar kolesterol, indeks massa tubuh dan kebiasaan merokok.

Pengambilan data terakhir dilakukan pada tahun 2011, di mana partisipan sudah berusia 34 hingga 49 tahun. Pada tahap ini partisipan juga menjalani tes fungsi kognitif dan ingatan.

Hasilnya, mereka yang memiliki tekanan darah dan kolesterol tinggi saat muda memiliki kemampuan mengingat yang lebih buruk. Kemampuan mengingat menjadi lebih buruk jika partisipan juga memiliki kebiasaan merokok.

Peneliti mengatakan penuaan otak yang terjadi setara dengan penambahan usia enam tahun. Jika tiga faktor tersebut tak dikontrol, peneliti percaya risiko mengalami demensia dan alzheimer juga akan meningkat.

"Karena faktor risiko ini bisa dicegah, maka mengadopsi gaya hidup sehat merupakan langkah yang paling efektif untuk mencegah kemampuan kognitif turun di usia tua," tutur Rovio.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik