Entri Populer

Punya Asma Saat Anak-anak, Mungkinkah Hilang Ketika Dewasa?

Written By iqbal_editing on Kamis, 04 Mei 2017 | 23.59

Asma merupakan penyakit yang dipicu oleh peradangan kronis di saluran napas. Teorinya, penyakit ini tidak bisa benar-benar disembuhkan meski tetap bisa dikendalikan sehingga pengidapnya bisa beraktivitas normal.

Namun dalam keseharian, banyak ditemukan anak-anak dengan riwayat asma yang 'sembuh' seiring bertambahnya usia. Ketika dewasa, keluhan sesak napas tidak pernah lagi muncul meski sekali waktu masih terpapar oleh pemicunya.

"Istilahnya outgrow. Hilang, tapi sewaktu-waktu juga bisa muncul lagi," kata dr Darmawan Budi Setyanto, SpA(K), pakar respirologi anak dari RS Cipto Mangunkusumo dalam temu media di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).


Adanya fenomena asma yang 'sembuh' ketika beranjak dewasa, juga diakui oleh dr Darmawan. Oleh karenanya ketika gejala asma muncul lebih awal, cenderung lebih ada harapan gejala tersebut akan hilang dibandingkan jika keluhan asma muncul saat sudah dewasa.

"Kenapa demikian, saja juga nggak tahu. Tapi faktanya memang demikian," kata dr Darmawan.

Pada tingkat keparahan tertentu, pengidap asma membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk mengontrol kekambuhan. Namun yang terpenting menurut dr Darmawan, pengidap asma harus mengenali dan kemudian menghindari pencetus serangannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik