Entri Populer

alasan jangan cepat-cepat mandiin bayi

Written By iqbal_editing on Minggu, 14 Mei 2017 | 08.04

Banyak orang tua mengira stimulasi membutuhkan trik khusus dan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Padahal stimulasi adalah bagian dari keseharian orang tua dengan buah hatinya.

"Stimulasi itu sebetulnya seharian kita lakukan, tapi tanpa sadar. Tapi biasanya kita cepet-cepet melakukan sehingga nggak tahu kalau itu stimulasi," kata Dr dr Irwanto, SpA(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga-RSUD Dr Soetomo.

Ia mengambil contoh mandi. Pada saat mandi, dr Irwanto meminta agar orang tua tidak memandikan bayinya cepat-cepat. "Menyabuni itu kan (stimulasi, red) sentuhan. Trus bayinya juga diajak omong, jadi paling nggak 15 menit itu baru cukup," ungkapnya.

Hal ini disampaikannya dalam Seminar Golden Period Development: Menggendong Bayi dengan Standar Ahli di RS Penyakit Tropis dan Infeksi Universitas Airlangga, Sabtu (13/5/2017).
 

Meski hanya 15 menit setiap kali mandi, tetapi bila ini dilakukan setiap hari, kualitas tidur bayi dilaporkan lebih baik.

Mengapa ini penting? Sebab pada saat tidur, tubuh bayi mengeluarkan hormon pertumbuhan. Makin lama tidurnya, maka pertambahan berat badannya juga makin baik.

dr Irwanto menambahkan, idealnya, durasi tidur bayi adalah 16-20 jam dan tidak ada siklus pasti alias seenaknya sendiri. Tak perlu khawatir jika bayi merasa haus, karena bila ia merasakannya, bayi akan bangun dengan sendirinya.

"Makanya bayi itu kalau sudah tidur tidak boleh diganggu dan sering saya bilang dalam berbagai kesempatan, kalau siap punya anak, harus siap tidak tidur, karena (anak, red) nggak ada siklus tidurnya," tegas dokter berkacamata tersebut.

Siklus semacam ini akan berlangsung hingga usia anak memasuki lima tahun. Begitu anak sudah menginjak usia lima tahun, maka sebetulnya ia sudah tidak memerlukan tidur siang.

"Jadi kita ini salah, jadi anak-anak dikasih les macem-macem, tidurnya jadi larut malam. Padahal dalam keilmuan tidur, harapannya kita sudah tidur jam 8 malam, kisarannya 10-12 jam. Kalau kurang tidur, anak jadi obesitas," urainya.

Tak hanya soal sentuhan, penggunaan produk mandi yang beraroma tertentu ternyata juga bisa memberikan stimulasi pada bayi.

dr Irwanto mengatakan, bayi yang dimandikan dengan sabun atau shampo yang wangi saat diperiksa kadar kortisol atau hormon stresnya lebih rendah daripada bayi yang dimandikan dengan produk yang tidak berbau. Begitu pun dengan orang tuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik