Entri Populer

Bukan Asal 'Sodok', Biliar Diklaim Tingkatkan Kesehatan Mental

Written By iqbal_editing on Selasa, 02 Mei 2017 | 20.21

Sama halnya dengan catur, biliar bukanlah olahraga yang banyak menghabiskan tenaga, tetapi lebih kepada kepandaian mengatur strategi dan fokus saat menyorongkan bola.

Namun siapa sangka, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengatakan bahwa biliar dapat meningkatkan kesehatan mental.

Peneliti sampai pada kesimpulan tersebut setelah melakukan survei terhadap 1.029 responden dewasa yang mengaku hanya bermain biliar sebagai hobi atau untuk mengisi waktu luang mereka.

Secara mengejutkan, lebih dari separuh atau 53 persen responden mengaku kesehatan mentalnya membaik setelah rutin bermain biliar. Mereka merasa lebih rileks tetapi tetap bisa tangkas saat beraktivitas. Bahkan beberapa responden mengklaim kesehatan fisik mereka juga ikut merasakan dampaknya.

Sebagian lainnya mengaku permainan ini membantu meningkatkan konsentrasi, kemampuan untuk menilai dan memanajemen risiko serta melatih kesabaran.

"Riset ini memastikan bahwa ketika seseorang bermain biliar, maka permainan ini dapat memberikan efek positif yang luar biasa dalam mempertahankan atau meningkatkan fungsi kognitif. Padahal responden hanyalah bermain untuk senang-senang saja," kata peneliti Rohit Sagoo dari Anglia Ruskin University.

Alasannya karena biliar tergolong sebagai 'mind sport' atau olahraga otak, sehingga memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan kognitif pemainnya.


Sebuah contoh nyata manfaat biliar ditunjukkan para dokter yang bertugas di instalasi bedah di RSUD Waled Cirebon. Mereka diberi fasilitas berupa meja biliar dan ruang karaoke untuk relaksasi.

"Kadang kita harus operasi jam 12 malam. Dokter sudah datang semua, peralatan sudah siap, tapi operasi belum bisa dilakukan. Nah sambil nunggu kita bisa main bilyard atau karaoke," ungkap dr Iskandar Sarumpaet, SpB kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

dr Iskandar mengakui keberadaan kedua fasilitas itu cukup membantu mengingat tindakan medis seperti bedah sangat menguras energi fisik serta mental, termasuk membantu meredakan stres.

Beban kerja para dokter di instalasi bedah RSUD Waled Cirebon dikatakan cukup tinggi mengingat ia adalah satu-satunya rumah sakit besar di wilayah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah dan melayani sekitar 500 tindakan operasi untuk setiap bulannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik