Entri Populer

mmengatasi bekas luka pada anak yg buat anak ga pede

Written By iqbal_editing on Senin, 15 Mei 2017 | 21.05

Memiliki bekas luka yang menonjol terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang, termasuk anak. Lantas, apa yang bisa dilakukan orang tua agar anak tetap pede meski memiliki bekas luka di tubuhnya?

Menurut Dr Rose Mini A Prianto MPsi untuk mengatasi kepercayaan diri yang berkurang akibat bekas luka, orang tua dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri sang anak misalnya dengan menjelaskan bahwa bekas luka tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap potensi lain dirinya.

"Kita jelaskan bahwa bekas luka nggak berpengaruh pada kecerdasan dan coba kenalkan sisi positif lain dalam dirinya. Jadi dia nggak usah khawatir, nggak akan berpengaruh," ucap wanita yang akrab disapa Bunda Romi ini.

"Bilang juga sama dia 'Yang penting bukan (penampilan) luarnya, buktinya teman-teman kamu suka sama kamu'," sambung Bunda Romi ketika ditemui detikHealth baru-baru ini.


Lebih lanjut, anak akan mengalami penurunan rasa percaya diri hingga berpotensi menyakiti diri saat orang tua tidak membantu anak untuk meningkatkan rasa kepercayaan tersebut. Pasalnya, anak tidak melihat potensi lain yang ada dalam dirinya.

"Dia pikir itu menjadi bagian yang berat yang kemudian dipikir menjadi masalah," ucap wanita berambut pendek ini.

Oleh karena itu, Bunda Romi mengingatkan kepada orang tua untuk selalu mendukung anak. Hal tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan mengatakan kepada anak bahwa di dunia masih banyak hal lain yang lebih penting untuk dikhawatirkan daripada bekas luka.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik