Entri Populer

pertolongan pertama asam lambung naik

Written By iqbal_editing on Rabu, 10 Mei 2017 | 07.00

Elsa Putri Julita (20) meninggal beberapa jam sebelum melangsungkan pernikahannya dengan Darmadi (19) di Palembang. Berdasarkan pemeriksaan, dokter setempat menyebutkan Elsa meninggal akibat asam lambung, yang kemudian membuatnya sesak napas dan nyeri dada.

Bagaimana sebenarnya pasien harus bertindak saat asam lambung mendadak naik? Kepada detikHealth, pakar kesehatan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, menegaskan bahwa tetap tenang menjadi kunci utamanya.

"Utamanya tetap tenang, kalau panik atau terlalu cemas, nanti asam lambungnya makin naik," tutur dr Ari.


Untuk meredakan nyeri di perut, dr Ari menganjurkan pasien untuk minum air bersuhu hangat. Bisa juga diberikan teh manis hangat. Jika ingin makan, bisa juga diberikan makanan manis seperti bubur sumsum.

Jika pasien biasa mengonsumsi obat-obatan jenis antasida, maka saat asam lambung dirasa naik dan terasa nyeri di perut obat-obatan tersebut boleh saja dikonsumsi.

Namun ingat, ketika rasa sakitnya semakin parah dan bahkan disertai dengan mual dan muntah-muntah, maka sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit. Oleh dokter biasanya sebagai tindak lanjut pasien akan diberikan obat melalui injeksi.

"Yang penting tetap tenang dulu, itu pertolongan pertamanya," pesan dr Ari.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik