Entri Populer

Saat Tidur, Benarkah Telinga 'Menutup' dan Tidak Bisa Mendengar?

Written By iqbal_editing on Sabtu, 06 Mei 2017 | 01.43

Saat tidur lelap, pada umumnya Anda akan merasa tidak bisa mendengar apapun. Benarkah ini karena saat tidur otak otomatis akan 'menutup' kemampuan mendengar telinga?

Menurut dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik, dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS telinga tidak bisa mendengar umumnya ketika seseorang tidur pada fase dalam atau non-REM (rapid eye movement).

Sementara itu, ketika seseorang masih tidur di fase REM, maka telinganya masih bisa sedikit mendengar suara-suara berisik di sekitarnya.

Baca juga: Gunakan Earphone Saat Tidur, Koklea Telinga Bisa Rusak

"Iya jadi pada tidur fase REM dia masih bisa mendengar, tapi kalau tidurnya sudah masuk fase dalam, biasanya dia tidak bisa mendengar suara-suara sekelilingnya," imbuh dr Artono kepada detikHealth baru-baru ini.

Dikutip dari Daily Mail, tidur malam yang khas terdiri dari lima siklus tidur yang berbeda, masing-masing berlangsung sekitar 90 menit. Empat tahap pertama setiap siklus dianggap sebagai tidur tenang atau non-rapid eye move-ment (NREM). Tahap terakhir disebut dengan gerakan mata cepat atau rapid eye movement (REM).

Tidur REM adalah tingkat tertinggi aktivitas otak. Tahap ini biasanya berhubungan dengan mimpi yang dipicu oleh pons, yaitu bagian dari batang otak yang mengirimkan impuls saraf antara sumsum tulang belakang dan otak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik