Entri Populer

HERNIA KARENA STANG MOTOR

Written By iqbal_editing on Minggu, 07 Mei 2017 | 17.35

Hernia adalah kondisi di mana organ tubuh timbul mencuat dari jaringan di sekitarnya. Hal ini biasanya terjadi karena ada pelemahan otot yang disebabkan oleh berbagai macam hal.

Pada satu orang anak berusia delapan tahun dari Kamerun misalnya, ia dilaporkan terkena hernia langka setelah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Sang anak sedang melintas jalan ketika dirinya tertabrak sepeda motor dan tertimpa setang pada bagian perut.

Dengan bobot motor yang mencapai 125 kilogram, tekanan pada otot perut sang bocah membuat usus menyembul keluar dari rongganya. Dari foto dapat jelas terlihat ada bagian di sebelah kiri perut sang bocah yang membengkak.


dr Valirie Ndip Agbor dari rumah sakit di daerah Oku yang menangani kasus mengatakan ini adalah kasus hernia jenis langka. Dilaporkan jurnal Medical Case Reports, dr Valirie mengatakan dalam 30 tahun terakhir hanya ada 29 kasus hernia karena tertimpa setang motor yang diketahui.

Menurut dr Valirie hernia setang motor harus ditangani dengan baik karena bila tidak dapat berujung pada komplikasi fatal. Pada kasus sang bocah, tim dokter melakukan operasi untuk mengembalikan ususnya ke posisi semula.

"Operasinya sukses, anak itu bisa kembali pulang pada hari ke-9 setelah operasi tanpa komplikasi," ungkap dr Valirie seperti dikutip dari LiveScience, Minggu (7/4/2017).

dr Michael Grosso dari Huntington Hospital mengomentari kasus ini sebagai pengingat bahwa hernia bisa muncul karena kecelakaan. Oleh karena itu ia menyarankan agar orang-orang selalu memerhatikan keselamatan di jalan terutama pemakaian perlengkapan pelindung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik