Entri Populer

tingkatkan kewaspadaan kanker payudara dengan foto payudara lesung

Written By iqbal_editing on Senin, 15 Mei 2017 | 02.59

Perempuan ini mengunggah foto payudaranya ke Facebook. Bukan untuk pamer kemolekan payudara, tapi dia ingin meningkatkan kewaspadaan akan kanker payudara. Sebab foto tersebut memperlihatkan payudara yang seperti memiliki lesung, tanda awal kanker payudara.

Adalah Claire Warner yang menemukan sesuatu seperti lesung pipi kecil di payudara kirinya. Mulanya, Claire menunduk untuk mencopot kaos kakinya. Tanpa sengaja dia melihat bayangan dirinya di cermin, dan memperlihatkan ada yang sedikit berbeda dengan payudaranya.

Tiba-tiba dia teringat pernah menemukan postingan yang viral di Facebook beberapa waktu lalu. Foto perempuan yang payudaranya juga 'berlesung' dan tak lama kemudian menjalani mastektomi akibat kanker payudara.

Bergegas, dia mencari foto yang pernah viral tersebut dan membandingkan dengan payudaranya sendiri. Perempuan berusia 42 tahun itu melihat ada kesamaan bentuk 'lesung' Khawatir apa yang dialaminya adalah kanker payudara, Claire pun segera menemui dokter.

Dikutip dari Today, ternyata Claire terkena kanker payudara. Kata dokter, sel kanker tersebut sangat agresif, akan tetapi jika diketahui sejak dini dan mendapat penanganan tepat maka bisa disembuhkan/

Atas apa yang dialami, Claire pun ingin berbagi pengalaman pada teman dan keluarganya bahwa sesuatu yang menyerupai lesung pipi di payudara merupakan tanda umum kanker payudara. Terinspirasi foto viral payudara untuk kewaspadaan kanker sebelumnya, Claire pun berniat melakukan hal yang sama.



Ibu dua anak itu lantas memfoto 'lesung' di payudaranya dan kemudian mempostingnya di Facebook pada Juli 2016 lalu. Foto tersebut telah di-share lebih dari 66 ribu kali.

Dalam foto yang diposting Claire, memang tampak cekungan kecil seperti lesung pipi. Di dekat cekungan tersebut tampak pula seperti memar kecil yang menurut Claire adalah lokasi dilakukannya biopsi.


Tanda kanker payudaraTanda kanker payudara Foto: Facebook Claire Warner

Claire mengatakan dirinya tidak merasakan adanya benjolan di payudara. Dirinya pun tidak merasakan sakit. Namun sesuatu yang mirip lesung pipi itulah yang ternyata menjadi tanda kanker payudaranya.

"Saya harap saya salah satu yang beruntung. Saya telah mengetahuinya di fase yang sangat awal (berkat orang lain pernah berbagi postingan yang sama sebelumnya)," kata Claire di laman Facebook-nya.

Claire berharap benar-benar bisa sembuh setelah dirinya menjalani serangkaian pengobatan seperti operasi, kemoterapi dan radiasi. Sementara itu kabar tentang pengobatan kanker payudaranya dipaparkan Claire melalui akun Twitter @OfNoSpecialType.

"Saya mohon cek juga payudara Anda (baik laki-laki maupun perempuan) dan pastikan orang tersayang Anda melakukannya juga," pesan Claire.

Terkait tanda-tanda kanker payudara, ada beberapa yang bisa diperhatikan, seperti dikutip dari Breast Cancer Care:
1. Ada perubahan ukuran maupun bentuk payudara.
2. Ada warna kemerahan ataupun rash di kulit payudara atau di sekitar puting.
3. Keluar cairan dari puting dengan sendirinya.
4. Pembengkakan di sekitar ketiak.
5. Ada benjolan atau penebalan yang terasa berbeda dengan jaringan payudara.
6. Perubahan tekstur kulit, di mana muncul kerutan mirip kulit jeruk ataupun cekungan seperti lesung pipi.
7. Puting berubah menjadi terbalik atau tertarik ke dalam.
8. Nyeri yang konstan pada payudara atau ketiak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik