Entri Populer

WASPADA OBAT ONLINE PELANCAR HAID

Written By iqbal_editing on Selasa, 30 Mei 2017 | 02.17

Hingga saat ini masih ditemukan toko-toko online yang menjual berbagai macam obat secara bebas. Masyarakat diharap berhati-hati karena bisa jadi beberapa obat tersebut berbahaya tak aman untuk dikonsumsi.

Sebagai contoh ada obat-obat yang diklaim dapat melancarkan haid. dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD, yang akrab disapa dr Koko dari Badan Data dan Informasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan obat semacam itu perlu resep dokter dan bila tak diawasi penggunaannya memiliki efek samping berbahaya.


Waspada Obat 'Pelancar Haid' yang Beredar Secara OnlineContoh iklan obat 'pelancar haid' di media sosial. (Foto: ist)



"Dulu obat itu biasa digunakan oleh dokter kandungan melancarkan persalinan. Tapi sudah jarang banget dipakai. Bisa keguguran, kalau orang jahat... aborsi," kata dr Koko pada detikHealth dan ditulis Selasa (30/5/2017).

Dalam sebuah rilis berita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI diketahui beberapa jenis obat 'pelancar haid' tersebut sebetulnya adalah obat untuk tukak lambung, hiperglikemi, dan hiperkortisol. Hanya saja dalam praktiknya obat disalahgunakan dipakai di luar indikasi.

"Badan POM sejak tahun 2011 telah rutin berpartisipasi dalam Operasi Pangea yang dikoordinasikan oleh ICPO INTERPOL Lyon sebagai salah satu upaya pemberantasan obat ilegal termasuk palsu yang diiklankan di media internet."

"Kepada masyarakat dihimbau untuk tidak membeli dan mengonsumsi obat yang dijual secara online karena tidak diketahui kepastian asal usul obat yang dijual tersebut," tulis BPOM.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik