Entri Populer

HUBUNGAN CUPANG DI LEHER DAN STROKE

Written By iqbal_editing on Selasa, 30 Mei 2017 | 02.05

Cupang atau tanda merah bekas gigitan di leher umum diberikan ketika pasangan suami istri sedang bermesraan. Meski tentu tak ada niat dari untuk menyakiti, tapi tahukah Anda bahwa cupang dalam beberapa kasus langka dapat menjadi pemicu stroke.

Contohnya seperti yang baru-baru ini dilaporkan terjadi pada remaja laki-laki Julio Macias Gonzalez (17) dari Mexico. Dokter mengatakan Julio meninggal karena stroke fatal yang dipicu oleh adanya sumbatan gumpalan darah.

Dikutip dari media lokal Hoy Estado de Mexico, bekuan darah tersebut diduga terbentuk ketika sang kekasih memberikannya cupang di leher. Hisapan kuat pada daerah arteri membuat sel darah Julio menggumpal yang kemudian terbawa naik ke otak.


Hal serupa juga pernah dilaporkan dalam literatur medis New Zealand Medical Journal tahun 2010. Seorang pasien wanita berusia 44 tahun dilarikan ke instalasi gawat darurat karena tangan kirinya tiba-tiba lumpuh.

Awalnya dokter sempat bingung dengan gejala sang pasien sampai akhirnya tim menemukan memar vertikal kecil di leher dekat arteri utama, bekas cupang yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Dari sana dokter menyimpulkan bahwa ada gumpalan darah terbentuk dan memicu stroke ringan.

Beruntung untuk kasus sang pasien wanita karena serangan masih ringan nyawanya dapat tertolong dan bisa pulih setelah diberi obat antikoagulasi (anti penggumpalan).

"Karena ini bekas cupang, pasti banyak terjadi hisapan," jelas Teddy Wu selaku salah satu dokter yang menangani pasien seperti dilansir Sunday Independent.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik