Entri Populer

Cerita Josie, Gunakan Amplas dan Garpu untuk Redakan Kulit Gatal Saat Hamil

Written By iqbal_editing on Jumat, 23 Juni 2017 | 05.42

Saat usia kandungannya 27 minggu, Josie Barker (26) mengalami iritasi di tangan, kaki, dan menjalar ke perutnya. Tak sekadar rasa gatal saja yang timbul tapi ia juga mengalami sensasi seperti terbakar. Hal ini mulanya dialami Josie saat tengah berlibur.

Setelah menelepon sang bidan, Josie segera ke rumah sakit dan hasil pemeriksaan darah menunjukkan ibu dua anak itu mengalami kondisi langka intrahepatic cholestasis of pregnancy (ICP) yaitu gangguan hati langka yang menyebabkan meningkatnya asam empedu pada tubuh. Kala itu, kadar asam empedunya diketahui mencapai 14.

"Saya sudah mencoba berbagai macam losion untuk meredakan gatal disertai sensasi terbakar di kulit saya. Bahkan saya menggunakan amplas dan garpu untuk meredakannya, tapi itu tidak berhasil. Kadang jika saya menggaruk tangan atau kaki terlalu keras, justru akan luka," tutur Josie, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Di malam hari, gatal dan sensasi terbakar yang dirasakan Josie makin parah. Ia juga jarang memakai baju karena kontak antara kulitnya dengan baju membuat rasa gatal menjadi. Saat mandi, sebisa mungkin Josie akan berlama-lama di bawah shower karena siraman air dingin membuat rasa gatal disertai sensasi terbakar yang ia rasakan mereda.


Umumnya, wanita dengan ICP disarankan menjalani induksi atau operasi caesar saat usia kandungannya 37 minggu karena dikhawatirkan kadar asam empedunya meningkat. Hal itu pula yang dialami Josie hingga ia melahirkan putra pertamanya Freddie di usia kandungan 37 minggu.

"Setelah Freddie lahir dengan bobot sekitar 3 kg, gatal saya hilang begitu saja. Dan saya bersyukur kondisi bayi saya sehat. Ketika saya hamil anak kedua, untungnya rasa gatal dan sensasi terbakar itu baru saya rasakan saat usia kandungan 31 minggu," kata Josie.

Namun, karena sudah merasakan hal serupa sebelumnya, Josie lebih siap menghadapi kondisi gatalnya itu. Hampir sama dengan Freddie, anak kedua Josie yang diberi nama Elsie lahir saat usia kandungan 36 minggu. Meski harus melewati kehamilan dengan gatal disertai sensasi terbakar yang mengganggu, Josie bersyukur bisa melewati masa-masa itu.

Sementara, juru bicara British Skin Foundation, dr Anjali Mahto mengatakan dermatolog kerap diminta untuk meninjau pasien yang mengalami gatal atau ruam selama kehamilan. Dengan mengetahui ICP lebih dini, diharapkan kondisi ini dapat lebih terkontrol dan bisa diberi pengobatan tepat sedini mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik