Entri Populer

GEJALA CAMPAK PADA ANAK

Written By iqbal_editing on Selasa, 13 Juni 2017 | 22.07

, Dua anak aktris sekaligus ustazah Oki Setiana Dewi dikabarkan sedang sakit campak. Sebagai salah satu penyakit yang rentang mengancam anak-anak, orang tua harus bisa mengenali gejalanya.

Dikutip dari WebMD, ciri-ciri sakit campak adalah demam, batuk, pilek dan mata yang berwarna kemerahan. Gejala ini memang mirip dengan beberapa penyakit infeksi lain.

Dalam beberapa hari, akan muncul ruam kemerahan di sekitar wajah, dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Munculnya ruam kemerahan ini bisa dibarengi dengan nyeri saat menelan, diare dan rasa lemas yang dialami anak.

Baca juga: Anak Oki Setiana Dewi Kena Campak, Dokter Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

"Conjungtivitis (mata merah, berair, gatal), coryza (pilek,) dan cough (batuk). Bintik-bintik merah timbul saat panas sedang tinggi-tingginya biasanya hari ke-4 atau 5 panas. Muncul pertama pada daerah batas rambut, dahi, belakang telinga lalu menjalar sampai kaki," papar dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo kepada detikHealth.

Campak, yang juga lazim disebut sebagai tampek di beberapa daerah, tergolong penyakit yang cukup fatal bagi anak-anak. Risiko kematian akibat campak sangat tinggi, terutama bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sekitar 135.000 anak meninggal setiap tahunnya karena campak. Jika dirata-rata ada sekitar 360 anak yang meninggal tiap hari karena campak, atau 15 anak tiap jamnya.

Baca juga: Anak Pertama Kali Kena Campak, Oki Setiana Dewi dan Suami Menangis


Oki Setiana Dewi dan suami menangis ketika melihat anaknya terserang sakit campakOki Setiana Dewi dan suami menangis ketika melihat anaknya terserang sakit campak (Foto: GUSMUN)
Sebelumnya diberitakan, dua anak Oki Setiana Dewi, Maryam Nusaibah Abdullah dan Khadeejah Faatimah Abdullah, kini sedang dirawat di rumah sakit karena terserang penyakit campak. Oki mengaku sedih bahkan hingga menangis melihat kondisi anaknya tersebut.

"Yang jelas saya menangis, suami saya menangis. Ini pengalaman pertama. Anak yang biasanya ceria ketawa, lari kesana-kemari. Sekarang rumah sepi, mata anak-anak sayup, nangis, rewel terus. Saya rasa semua ibu kalau lihat anaknya nangis pasti ada sesuatu yang miris di hatinya," ungkap Oki, dikutip dari detikHot.


Terkait hal tersebut pendiri Rumah Vaksinasi dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), mengatakan dalam status media sosial Facebook bahwa ia sudah pernah menyarankan Oki untuk memvaksin anak. Namun demikian tampaknya Oki tidak mengindahkan saran tersebut.

"Dulu sudah saya ingatkan mbak Oki ini untuk imunisasi anaknya... Tapi ternyata malah jadi antivaks... Semoga setelah ini jadi berubah ya," tulis dr Piprim di halaman Facebooknya yang kemudian menjadi viral.(mrs/up)

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik