Entri Populer

orang yang beresiko terkena serangan jantung

Written By iqbal_editing on Selasa, 06 Juni 2017 | 03.18

Serangan jantung identik dengan orang-orang berusia tua. Faktanya, serangan jantung juga bisa dialami oleh orang yang masih muda dan kelompok faktor risiko lain.

Seperti disampaikan oleh dr Isman Firdaus, SpJP, MD, serangan jantung biasanya banyak mennyerang pria berusia di atas 30 tahun. Namun mereka yang berusia di bawah 30 tahun juga bisa kena, terutama jika memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

Hal serupa juga disampaikan oleh dr Julio Ulaan, SpJP dari RS Siloam Kebon Jeruk. Menanggapi kasus mantan gelandang Newcastle United, Cheick Tiote (30) yang kolaps dan meninggal dunia saat latihan, ia menyebutkan bahwa penyakit dan serangan jantung bisa terjadi pada orang muda, tidak hanya pada orang yang sudah tua.





Serangan jantung pada orang muda, biasanya berhubungan dengan beberapa faktor risiko. Termasuk di antaranya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes atau sakit gula, serta kolesterol tinggi. Riwayat sakit jantung di keluarga juga termasuk faktor risiko yang harus diwaspadai.

"Beberapa faktor risiko yang bisa memicu serangan jantung dan harus diwaspadai di antaranya kebiasaan merokok, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi," ujar dr Isman kepada detikHealth.

Nah, apakah kebiasaan lainnya seperti begadang atau melakukan aktivitas berat juga bisa dianggap sebagai faktor risiko serangan jantung? Menurut dr Isman, keduanya bukan risiko penyakit jantung. Begadang maupun melakukan aktivitas fisik adalah faktor pencetus saja, yakni jika sebelumnya sudah ada faktor risiko terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik