Entri Populer

Mengenal Kondisi Langka di Balik Tahi Lalat si Cantik Evita

Written By iqbal_editing on Minggu, 02 Juli 2017 | 04.37

, Evita Delmundo (20) tak merasa rendah diri meski sekujur tubuhnya dipenuhi tahi lalat. Ia adalah seorang pengidap kelainan langka Giant Congenital Nevus.

Perempuan berdarah Filipina dan Malaysia ini pernah di-bully karena kondisinya tersebut. Ia pernah dijuluki 'monster' oleh teman-temannya, namun itu tidak menyurutkan niatnya untuk mengejar mimpi menjadi Miss Universe. Dengan percaya diri, Evita mendaftar kontes kecantikan Miss Malaysia.

Giant congenital nevus merupakan tanda lahir bawaan berupa tahi lalat dengan ukuran besar, kadang-kadang ditumbuhi rambut dan tersebar di seluruh tubuh seperti yang dialami Evita. Diperkirakan hanya 1 persen dari populasi yang mengidap kondisi langka tersebut.


Dikutip dari Mayo clinic, anak-anak dengan nevus atau tanda lahir berukuran besar punya risiko lebih tinggi untuk mengalami kanker kulit saat tumbuh dewasa. Jika buah hati terlahir dengan kondisi tersebut, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan.


Penyebab munculnya tanda lahir semacam ini diyakini terkait dengan masalah pertumbuhan bayi saat berada dalam kandungan. Pada beberapa keluarga, kondisi ini bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetik.


Mengenal Kondisi Langka di Balik Tahi Lalat si Cantik EvitaFoto: Instagram Evita Patcey


Nevus berukuran kecil umumnya tidak menyebabkan masalah serius di kemudian hari. Namun tanda lahir yang besar bisa disertai berbagai kondisi lain, termasuk gangguan saraf.


Dikutip dari NYtimes, nevus besar yang terdapat di tulang belakang bisa berhubungan dengan masalah otak. Pemeriksaan MRI (Magenetic Resonance Imaging) perlu dilakukan untuk memastikannya.

Kadang-kadang, dibutuhkan operasi untuk mengangkat nevus yang tidak normal. Skin grafting juga bisa dilakukan jika memang diperlukan. Untuk memperbaiki penampilan, dokter bisa melakukan terapi dengan laser dan dermabrasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik