Entri Populer

Mudah Menular, Jika Sedang Radang Tenggorokan Jangan Cium-cium Bayi Ya

Written By iqbal_editing on Jumat, 21 Juli 2017 | 16.29

Jika Anda atau anggota keluarga lain sedang radang tenggorokan, usahakan untuk tidak mencium-cium bayi dulu ya. Bukan tanpa alasan, dokter menyebutkan penyakit ini bisa dengan mudah menular.

Ya, radang tenggorokan atau sore throat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi tersebut bisa karena virus, maupun bakteri.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis anak RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, SpA. Kepada detikHealth, ia membenarkan bahwa radang tenggorokan merupakan salah satu kondisi yang sangat mudah menular, termasuk dari orang tua ke bayi.


"Betul, virus maupun bakteri dapat dengan mudah menular lewat percikan air liur penderita yang berada di sekeliling kita. Virus atau bakteri bisa masuk ke dalam tenggorokan melalui makanan, alat makan, atau tangan yang kotor," tutur dr Meta.

Radang tenggorokan secara umum memiliki definisi sebagai peradangan atau infeksi di sekitar tenggorokan. Lokasi sekitar tenggorokan meliputi rongga mulut bagian belakang, tonsil (amandel), bagian belakang tonsil atau laring, dan sekitarnya. Bisa disebut faringitis jika yang terkena di faring, bisa juga disebut tonsilitis (amandel) atau laringitis atau perpaduan di antarsemuanya.

Jika anak sudah terlanjur tertular radang tenggorokan, biasanya ia akan menunjukkan gejala seperti suara serak jika yang terkena laring, sulit atau nyeri saat menelan. Gejala lain jika bayi atau anak mengalami radang tenggorokan yakni demam, batuk dan pilek, mual dan muntah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik