Entri Populer

PPENDAPAT AHLI GIZI CARA MENGOLAH IKAN TERBAIK

Written By iqbal_editing on Senin, 03 Juli 2017 | 20.56

Dari segi kesehatan, manfaat ikan memang tidak terbantahkan. Kadar kolesterolnya yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Selain itu, ikan juga kaya akan omega 3, omega 6 dan antioksidan yang bisa melawan kanker.

Namun jangan salah, jika tidak menggunakan teknik memasak yang tepat, khasiat ikan dikhawatirkan bisa menghilangkan sejumlah kandungan sehat yang ada. Kepada detikHealth, Senin (3/7/2017), dr H. Engkus Kusdinar Achmad, MPH, seorang ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia membagikan tips mengolah ikan dengan baik.

Bagi Anda yang senang memakan ikan dengan cara dibakar, sebaiknya mulai mengurangi cara memasak yang seperti ini. Sebab, dituturkan oleh pria yang disapa dr Kusdinar ini, membakar ikan akan menimbulkan zat yang kurang baik.


"Ikan sudah bagus, tapi begitu dibakar ada yang bisa menimbulkan radikal bebas," jelas wakil ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI) itu.

Sementara itu untuk ikan goreng, menurut lulusan Magister dari University of California Los Angeles tersebut, sah-sah saja asalkan dengan memerhatikan sejumlah hal. "Api jangan terlalu panas, digorengnya juga jangan terlalu kering, dan minyak yang digunakan jangan minyak yang berulang," terangnya.

Disebutkan olehnya, teknik yang baik untuk memasak ikan adalah dengan dijadikan pepes. Sebab, pepes akan membantu dalam mengurangi kadar kolesterol. Ditambah, ketika dipepes akan menggunakan bumbu-bumbu alami yang akan membuatnya semakin lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik