Entri Populer

Cara Simpel yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Tulang

Written By iqbal_editing on Senin, 28 Agustus 2017 | 17.34

Pengeroposan tulang bisa mengurangi kualitas hidup. Hal ini pun terjadi karena beberapa faktor. Nah, untuk memiliki tulang yang sehat, ada berbagaio hal yang bisa dilakukan, salah satunya menghindari beberapa asupan tertentu.

Menurut Balvinder Rana, MS Orthopaedics di Fortis Escorts Research Institute, salah satu penyebab pengeroposan tulang adalah mengonsumi terlalu banyak makanan seperti garam, soda, kopi, dan cokelat.

"Misalnya mengonsumsi garam bisa menyebabkan hilangnya kalsium. Karena urine yang keluar melepas kalsium dan efek jangka panjangnya dapat menyebabkan osteoporosis," tutur Rana dikutip dari Fox News.

Rana mengatakan, beberapa studi memperlihatkan pengurangan asupan garam dari 10 sampai 15 gram per hari memiliki efek yang sama dengan peningkatan kalsium dalam tubuh sebesar 1.000 gram per hari.


"Untuk soda juga dikhawatirkan karena bisa merusak pembentukan tulang selama masa kanak-kanak dan remaja karena bisa menurunkan kadar magnesium. Fosfor dalam soda juga membatasi kemampuan tubuh memanfaatkan kalsium," sambung Rana.

Sementara, Sementara, konsumsi kopi berlebihan dikatakan Rana bisa menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Rana menyarankan untuk mengganti kopi dengan teh karena menurut penelitian, orang yang mengonsumsi kopi berisiko lebih rendah mengalami patah tulang.

"Mengonsumsi alkohol terlalu banyak juga bisa membuat tulang keropos. Alkohol juga memengaruhi hati sehingga memengaruhi fungsi vitamin D (vitamin tulang) dan menyebabkan tulang lemah," sambung Rana.

Yang terakhir adalah cokelat. Rana mengatakan sebuah studi memperlihatkan wanita yang lebih banyak mengonsumsi cokelat setiap hari berisiko memiliki tulang yang lebih lemah dibandingkan wanita dengan jumlah konsumsi cokelat lebih sedikit.

Sedangkan menurut Pamela Hinton, PhD dari University of Missouri pengeroposan tulang bisa dikurangi risikonya dengan olahraga seperti berlari dan latihan angkat beban. Pamela mengatakan, pada dasarnya tulang akan terus menyesuaikan diri dan menjadi kuat jika selalu melakukan latihan fisik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik