Entri Populer

Kurang Makan Buah Bisa Sebabkan Sariawan? Ini Kata Dokter

Written By iqbal_editing on Kamis, 24 Agustus 2017 | 17.48

Sariawan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, selain faktor genetik. Namun banyak yang beranggapan bahwa sariawan juga terjadi karena kurang mengonsumsi buah. Benarkah demikian?

Diutarakan dokter gigi spesialis penyakit mulut RS Pondok Indah - Pondok Indah, Dr drg Febrina Rahmayanti SpPM atau yang akrab disapa dr Febrina, umumnya agar tubuh tetap sehat, komponen asupan seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin harus tercukupi, termasuk mengonsumsi buah agar tak rentan terkena sariawan.

"Kenapa sih sariawan dikaitkan dengan kurang buah? Sebenarnya yang kita harapkan dari buah dan sayur adalah seratnya juga kan, kemudian ada zat besi, kemudian mineral," ucap dr Febrina.

"Nah di situlah yang sebenarnya juga bermanfaat untuk mempertahankan integritas epitelnya itu," sambung dr Febrina.


Oleh karena itu, berdasarkan pengalamannya, biasanya dr Febrina akan melakukan anamnesis pada pasien dan bertanya bagaimana pola makan dan juga pola hidup pasien tersebut.

"Pola makannya bagaimana, kemudian selain pola makan juga kelelahan, faktor stres, itu juga bisa memicu timbulnya sariawan," terang dr Febrina.

Selain itu, sariawan juga dipengaruhi oleh faktor hormonal. Pada perempuan menjelang menstruasi biasanya timbul sariawan.

"Faktor hormonal juga bisa berperan. Kalau pada saat mau menstruasi biasanya ada yang suka sariawan," pungkas dr Febrina.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik