Entri Populer

Kuku Jari Tangan atau Kaki Terlepas? Begini Penanganannya

Written By iqbal_editing on Senin, 04 September 2017 | 18.04

‎Lepasnya kuku di jari tangan maupun jari kaki memang bisa disebabkan karena berbagai hal. Salah satunya adalah trauma karena terbentur atau cedera.

dr Laksmi Duarsa, SpKK dari D&I Skin Center Denpasar, mengatakan bahwa jika kuku cedera dan terlepas sebagian, harus segera di bawa ke dokter. Hal ini untuk menghindari risiko terjadinya infeksi ataupun komplikasi.

"Harus segera dibawa ke dokter bedah ya, langsung lepas saja (seluruhnya). Kalau dilepas kemudian tidak berdarah, ya tidak apa-apa. Tapi kalau berdarah dilepasnya harus dengan operasi," tutur dr Laksmi, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis Rabu (22/4/2015).

Baca juga:Kuku Jamuran Jangan Dibiarkan, Bisa Menular Jika Tak Diobati

Tak hanya karena cedera atau terbentur, kuku juga bisa lepas karena penyakit. American Osteopathic College of Dermatology ‎mengatakan ada kondisi yang dapat menyebabkan kuku lepas secara tiba-tiba dan tanpa rasa sakit. Kondisi ini disebut sebagai onycholysis.

Onycholysis merupakan kondisi kuku yang lepas secara tiba-tiba dan tanpa rasa sakit. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari dermatitis atopik (penyakit kulit karena alergi), psoriasis, jamur atau reaksi obat-obatan yang menyebabkan kuku sensitif terhadap sinar matahari.

Penanganannya pun tak berbeda dengan kuku yang lepas karena cedera. Bagian kuku yang masih tertempel diupayakan untuk dicabut oleh dokter, dan dibersihkan. Setelah itu perhatikan pertumbuhan kuku, jika keluar jalur atau tidak normal, boleh digunting dengan menggunakan gunting kuku steril.

"Tumbuhnya kuku pelan-pelan kan dari bawah ke atas. Biasanya butuh waktu dua minggu untuk kuku baru tumbuh lagi," pungkas dr Laksmi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik