Entri Populer

Menyentuh! Supir Bus Ini Jaga Lansia Pengidap Pikun yang Tersesat

Written By iqbal_editing on Kamis, 07 September 2017 | 03.13

Irlandia, Apa yang akan Anda lakukan jika bertemu dengan seorang pengidap demensia yang tersesat? Seorang supir bus di Irlandia rela trayeknya terlambat demi menjaga lansia pengidap demensia dijemput oleh keluarganya.

Fiona Carolan kaget bukan main saat menerima telepon dari nomor yang tak dikenalnya. Sang penelepon yang mengaku bernama Gabor mengatakan saat ini ia sedang bersama ayah Fiona.

"Ayahku berasal dari bagian utara kota Cork, dan ia mengidap demensia. Tentunya ia merasa sedih dan kesal berada di tempat asing yang tidak ia ketahui dan jauh dari rumah," tutur Fiona dikutip dari laman Facebooknya.


Sesampainya di sana, Fiona mengaku terharu setelah mengetahui bahwa Gabor yang menjaga ayahnya adalah seorang supir bus. Gabor rela harus terlambat mengikuti jadwal trayek busnya demi menjaga ayah Fiona yang saat itu sedang kebingungan.

Rasa terima kasih Fiona pun ia sampaikan ke laman Facebook Bus Eireann, tempat Gabor bekerja. Menurutnya, apa yang dilakukan Gabor patut diapresiasi karena tidak semua orang mau melakukannya.

"Aku ingin berterima kasih pada Gabor, pengemudi bus Eireann rute 220 yang telah sabar menunggui ayahku," ungkapnya lagi.

Dikatakan Gabor, ia mengetahui ada yang salah dengan lansia ini setelah mendengarnya bicara tak jelas. Beruntung, ayah Fiona memiliki identitas yang berisikan nama dan kontak Fiona yang bisa dihubungi.

Postingan Fiona sudah dibagikan lebih dari 3.400 kali dan dikomentari oleh hampir 2.000 orang. Banyak respons positif datang dari netizen. Sebagian besar mengaku terharu dan bangga masih ada orang yang memiliki empati besar dan mau menunggui pasien demensia, meskipun ia orang asing.

Demensia sendiri adalah kondisi ketidakmampuan seseorang untuk mengenali keadaan sekelilingnya akibat penurunan fungsi otak. Lazim disebut penyakit pikun, demensia dapat membuat seseorang lupa terhadap lingkungannya, keluarga, hingga dirinya sendiri.

Demensia juga ditandasi dengan adanya perubahan kepribadian dan emosi yang naik turun. Penelitian menyebut demensia memiliki kaitan erat dengan penyakit Alzheimer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik