Entri Populer

Terapi Insomnia Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Jiwa

Written By iqbal_editing on Rabu, 06 September 2017 | 23.57

Insomnia selama ini hanya dianggap sebagai salah satu gejala gangguan jiwa. Namun studi terbaru menyebut penanganan insomnia yang tepat juga bisa membantu perbaiki kesehatan jiwa.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet Psychiatry, Daniel Freeman dari Sleep and Circadian Neuroscience Institute, Oxford University Inggris, meneliti dampak terapi insomnia pada pengidap depresi dan gangguan cemas. Hasil penelitian menyebut melakukan terapi bagi gangguan insomnia yang dialami pasien depresi dan gangguan cemas dapat meningkatkan kondisi kesehatan jiwa mereka.

"Selama ini insomnia hanya dilihat sebagai gejala, bukan penyebab seseorang mengalami gangguan jiwa dan masalah kejiwaan. Penelitian ini bertujuan untuk membalik anggapan tersebut, dan membuktikan bahwa dengan mengobati insomnia, kesehatan jiwa seseorang akan membaik," tutur Freeman yang merupakan pakar psikologi klinis, dikutip dari Reuters.


Penelitian dilakukan kepada 3.755 mahasiswa di Inggris. Mereka diminta melakukan terapi insomnia dengan cognitive based therapy (CBT) dan program digital Sleepio.

Hasilnya, mereka yang melakukan CBT dan Sleepio memiliki tidur yang lebih baik. Secara kejiwaan, mereka juga lebih jarang merasa depresi, cemas, mengalami mimpi buruk, dan memiliki mood yang lebih baik.

Studi ini secara langsung membuktikan bahwa kesehatan tidur tidak boleh diremehkan. Jika tidur nyenyak dan cukup, seseorang akan bisa berfungsi normal saat bekerja dan memiliki kondisi kesehatan jiwa yang lebih baik.

"Tidur yang nyenyak dapat memberikan perbedaan yang sangat besar bagi kesehatan jiwa. Membantu orang lain tidur lebih baik adalah langkah pertama mencegah terjadinya masalah kejiwaan dan psikologis," tutupny

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik