Entri Populer

perbedaan kulit wanita dan pria

Written By iqbal_editing on Selasa, 05 September 2017 | 17.18

Mungkin banyak yang belum tahu tentang perbedaan kulit pada pria dan wanita, dan bahkan tidak terlalu memperhatikan juga. Padahal sebenarnya sifat dan karakteristiknya berbeda lho. Apa bedanya?

"Jadi pada prinsipnya kulit pria dan wanita itu agak berbeda. Kulit pria itu lebih tebal, jadi kurang lebih 15-25 persen lebih tebal dari kulit wanita," kata dokter spesialis kulit yang juga sekretaris umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia), dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV dalam Media Gathering Nivea Men Liquid Facial Foam, di bilangan Jakarta Pusat.

Kemudian, lanjut dr Anti, sapaan akrabnya, pada saat pria menginjak masa remaja, bagi mereka yang mempunyai kulit berminyak maka produksi minyak pada kulit jauh lebih banyak dibandingkan wanita.

"Karena ada pengaruh dari hormon seks pria yaitu androgen, sehingga kalau kita lihat mungkin nanti gejala yang timbul, misalnya jerawat atau yang lain, biasanya pada pria itu lebih parah daripada wanita," terang dr Anti.


dr Anti mengatakan, di sisi lain kulit memiliki beberapa lapisan, nah lapisan bagian tengah pada kulit pria tersebut banyak mengandung serabut kolagen dan elastin yang lebih tebal daripada wanita. Menurutnya, serabut-serabut tersebut nantinya yang akan mempertahankan kulit menjadi kencang dan tidak mudah kerut.

"Justru karena pria ini sudah punya keunggulan-keunggulan itu, terutama untuk serabut-serabut di bagian tengah ini sebetulnya kalau dirawat dengan baik maka tanda-tanda penuaan dini pada pria akan jauh lebih lambat dibandingkan pada wanita yang lapisan serabut-serabutnya lebih tipis," pungkas dr Anti.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik