Entri Populer

Saluran Kemih Juga Bisa Cedera, Begini Gejalanya

Written By iqbal_editing on Minggu, 03 September 2017 | 21.12

Cedera juga bisa dialami seseorang di area selangkangan. Apalagi jika cedera terjadi pada uretra, kemampuan berkemih pun bisa terpengaruh. Ketika hal itu terjadi pada pria atau wanita, adakah gejala khusus yang bisa dirasakan?

dr Ayodhia Soebadi SpU dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menuturkan gejala jika selangkangan mengalami cedera pastinya nyeri. Nah dari nyeri ini, biasanya ada hematom atau darah yang membeku di area dalam selangkangan yang bisa menyebar ke dubur.

"Biasanya kalau di uretra terjadi benturan, saluran kandung kemihnya yang mengalami masalah. Nanti pada benturan itu, beberapa lapisan pada saluran kencing bisa berdarah karena luka," terang dr Yodi, begitu ia akrab disapa saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (8/4/2015).


Namun jangan khawatir, saat sudah diobati, luka tersebut akan sembuh dalam beberapa bulan. Sebagai pemeriksaan penunjang untuk melihat keadaan uretra, akan dilakukan pemeriksaan radiologi berupa uretrografi, demikian diungkapkan dr Irfan Wahyudi, SpU dari RS Asri Jakarta.

Selain memar dan bengkak di daerah selangkangan, pada laki-laki di kantung zakarnya bisa bengkak. Kemudian, pasien juga mengeluhkan keluar darah dari uretra atau lubang kencing sehingga biasanya ada bercak darah di celana dalam yang bersangkutan.

"Yang paling parah pasien sampai tidak bisa berkemih atau pipis. Itu kan akan berpengaruh ke organ lainnya kalau tidak bisa pipis. Pasien yang tidak bisa pipis juga pasti kesakitan. Pada wanita juga bisa kena area luar vagiannya, mungkin sampai robek," tutur dr Irfan.

Dihubungi terpisah, dr Michael Triangto SpKO memaparkan gejala yang dirasakan jika seseorang mengalami cedera selangkangan yaitu munculnya tumor yaitu pembengkakan pada bagian tubuh yang cedera yang disebabkan oleh timbulnya peradangan dan atau rembesan darah yang berasal dari robekan

Kemudian, adanya calor, rasa panas yang diakibatkan oleh peradangan, dolor yaitu rasa sakit yang disebabkan oleh adanya benjolan pada bagian yang cedera, dan rubor atau timbulnya warna kemerahan pada bagian yang cedera. Menurut dr Michael, jika keempat hal ini muncul, maka akan menyebabkan fungsiolefa atau tidak mampu menggerakan atau memfungsikan bagian yang cedera.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik