Entri Populer

Terpapar Panas dan Sinar Matahari, Pekerja Lapangan Berisiko Batu Ginjal

Written By iqbal_editing on Senin, 11 September 2017 | 10.17

Batu ginjal adalah kristalisasi beberapa senyawa yang terjadi di ginjal dan ukurannya bisa beragam mulai dari sekitar 4 milimeter hingga di atas 2 sentimeter. Semakin besar ukurannya maka semakin besar pula kemungkinan batu tersangkut dalam saluran kemih dan menimbulkan masalah.

Siapa saja yang berisiko mengalami batu ginjal? Spesialis okupasi dr Radite Nusasenjaya, MKK, SpOK, dari RS Bethsaida mengatakan batu ginjal berisiko terbentuk pada mereka yang sering mengalami kondisi kekurangan cairan tubuh terutama pria.

Pria lebih sering dihadapkan pada posisi pekerjaan lapangan yang panas dan terpapar sinar matahari, hal ini menurut dr Radito adalah dua faktor yang berkontribusi terhadap batu ginjal. Dengan panas tubuh yang tinggi cairan akan lebih banyak keluar lewat keringat sehingga urine pun menjadi pekat dan kristal akan mudah terbentuk.

"Jadi kalau dia pengeluaran urinenya rendah di bawah 1,5 liter sehari ditambah bekerja di lingkungan yang panas, maka kemungkinan terkena batu ginjalnya bisa sampai 7,64 kali," kata dr Radite dalam kunjungannya ke kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2016).

Baca juga: Begini Saran Dokter Agar Tak Sering Lupa Minum Air Putih di Kantor

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan berperan juga terhadap pembentukan batu ginjal karena memicu produksi vitamin D berlebih. Dalam jumlah yang tepat vitamin D akan membantu penyerapan kalsium guna menjaga kesehatan tulang dan gigi, tapi bila berlebih maka kalsium yang diserap bisa menjadi batu ginjal.

"Makanya kalau seragam-seragam pekerja lapangan itu kan bagusnya lengan panjang. Melindungi dari sinar matahari," lanjut dr Radito.

Untuk mengatasinya saran yang paling baik adalah dengan disiplin menjaga kebutuhan cairan tubuh. Dalam sehari dianjurkan seseorang minum sekitar dua liter air atau lebih tergantung kebutuhan.

Infused water atau air yang telah dicampur irisan buah seperti jeruk nipis atau lemon bisa dijadikan pilihan baik karena mengandung asam sitrat yang dapat mencegah timbulnya batu seperti dikatakan ahli urolog dr Dimas Nugroho, SpU, dari RS Betshaida.

"Sitrat itu sudah terbukti dalam penelitian dia bisa mencegah partikel batu untuk jadi berikatan. Jadi yang mencegah itu satu sitrat kedua jaga supaya air kencing seencer mungkin," pungkas dr Dimas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik