Entri Populer

merangsang indra penciujm pada anak

Written By iqbal_editing on Minggu, 07 Agustus 2016 | 01.04

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua atau pengasuh untuk membantu bayi mengembangkan indra penghidunya:
  • Bicarakan dengan tenaga kesehatan saat pemeriksaan kehamilan agar sedapat mungkin proses kelahiran bayi diikuti oleh inisiasi menyusu dini. Inisiasi menyusu dini sangat membantu proses adaptasi bayi dengan dunia luar, membantu kedekatan ibu dan bayi, dan berperan penting dalam keberhasilan pemberian ASI eksklusif.
  • Bayi baru lahir memiliki sistim indra penghidu yang telah berfungsi baik. Aroma ibu, ayah, dan pengasuh terdekat memiliki efek menenangkan bagi bayi. Untuk membantu bayi mengenal aroma ibu, ayah, dan pengasuh terdekat, sebaiknya tidak menggunakan parfum atau pewangi yang sangat menonjol atau tajam terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan. Asap rokok termasuk bau tajam yang telah dikenal tidak menyenangkan bagi bayi.
  • Selama dalam masa menyusui, sebaiknya jenis makanan ibu bervariasi. Pemberian ASI eksklusif membantu transisi bayi mengenal rasa dan aroma makanan keluarga. Apabila jenis makanan ibu bervariasi, bayi juga dapat mulai mengenal rasa dan aroma makanan yang biasa dimakan ibu.
  • Ketika bayi mulai makan makanan padat, ia akan menggunakan indra penghidu dan pengecapnya untuk memutuskan apakah kira-kira ia akan suka makanan itu atau tidak. Anda dapat melihat reaksi bayi, dan melakukan penyesuaian sambil berinteraksi dengan bayi.
  • Anda dapat mencoba memperkenalkan berbagai macam bau sejak awal, namun ada baiknya menunda perkenalan jenis bau yang terlalu tajam pada tahun-tahun pertama. Biasanya bayi akan lebih dapat menerima bau dan rasa yang cenderung “manis”, baru kemudian belajar menyukai bau dan rasa yang lain.
  • Penelitian menunjukkan bahwa perkenalan bau dan rasa makanan baru membutuhkan sekitar 10-15 kali percobaan sebelum bayi dan anak mulai mengenali dan memutuskan apakah ia menyukai makanan tersebut atau tidak. Orangtua atau pengasuh dapat memperkenalkan makanan baru dengan cara memakan beberapa suap dan menggambarkan bau dan rasanya yang enak kepada anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik